Forgot Password Register

7 Hari Jelang Pembukaan Asian Games, Pelatnas Triathlon Masih Gunakan Uang Pribadi untuk Latihan

7 Hari Jelang Pembukaan Asian Games, Pelatnas Triathlon Masih Gunakan Uang Pribadi untuk Latihan Tim Triathlon Indonesia (Foto: humas Triathlon)

Pantau.com - Pembukaan Asian Games yang tinggal dalam hitungan hari seharusnya dimanfaatkan seluruh cabor untuk melakukan tahap persiapan akhir menghadapi ajang multi event terbesar Asia ini. Namun hal ini tidak berlaku untuk Pelatnas Triathlon Indonesia.

Waktu yang seharusnya fokus digunakan untuk berlatih, harus terganggu dengan belum turunnya dana untuk para atlet triathlon dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Baca juga: Mantan Pelari Indonesia Kritik Kirab Obor Asian Games 2018 

Akibatnya, Manajer Timnas Triathlon Indonesia Armand van Kempen terpaksa menggunakan uang pribadinya, yang menelan hampir mencapai Rp 2 miliar. menurut Armand uang tersebut  digunakan untuk gaji atlet dan pelatih, pembelian sepeda latihan, dan uji coba keluar negeri.

"Saya sampaikan sampai saat ini tidak ada dana dari Kemenpora untuk Pelatnas Triathlon. Sampai saat ini semua dana menggunakan dana saya pribadi," ujar Armand saat dihubungi Pantau.com, Jumat, (10/8/2018).

Armand menyatakan bahwa Timnas Triathlon mulai menjalani pelatnas sejak Februari 2018. Bahkan para atlet sempat menjalani uji coba ke Filipina  pada bulan Juli lalu.

"Saya pribadi, haknya atlet, haknya kontingen harus diperjuangkan. Tapi kalau tidak dapat saya rela dengan dana yang saya keluarkan, saya rela bertanggung jawab untuk para atlet," ujar Armand.

Sebelumnya dari pihak Kemenpora menyetujui untuk mengucurkan uang sebesar Rp 3,5 miliar sesuai dengan anggaran yang diajukan oleh Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia (PP FTI).

Namun Armand mengklaim pihak dari Kemenpora, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Prof Mulyana tidak menurunkan dana tersebut karena adanya masalah dualisme organisasi.

Baca juga: Menpora Klaim Keterlambatan Gaji Atlet Trampolin Telah Selesai

Armand mengatakan setelah mendapat desakan, saat ini pihak Kemenpora tengah mengusahakan dana segera cair minggu depan. Saat ini pihaknya akan menunggu

"Saya dapat kabar bahwa tadi Pak Mulyana menelepon humas Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia (PP FTI) tadi, akan dicairkan minggu depan," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More