Forgot Password Register

Amerika Mundur dari Perjanjian Nuklir, Iran Berikan Ancaman

Bendera Iran. (Foto: Pixabay) Bendera Iran. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Iran memperingatkan pihaknya akan menghentikan perjanjian nuklir penting dengan kekuatan dunia jika Presiden Donald Trump menarik Amerika Serikat keluar dari kesepakatan itu.

"Jika Amerika Serikat menarik diri dari kesepakatan nuklir, maka kita tidak akan tinggal diam," ujar penasehat kebijakan luar negeri untuk pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, Ali Akbar Velayati yang dikutip Pantau.com dari AFP, Jumat (4/5/2018).

Baca juga:Duh! Disusupi Seekor Burung, Jet Tempur Rusia Jatuh di Suriah

Velayati memperingatkan terhadap setiap langkah untuk mencoba merundingkan kembali kesepakatan yang ditandatangani oleh Iran dan enam kekuatan dunia pada tahun 2015. Yang membatasi program nuklir Teheran dengan imbalan keringanan sanksi.

"Iran menerima perjanjian nuklir karena telah dipersiapkan dan tidak akan menerima penambahan atau penghapusan apa pun," katanya.

"Bahkan jika negara-negara yang bersekutu dengan Amerika Serikat, terutama Eropa, berusaha untuk merevisi perjanjian nuklir ... salah satu pilihan kami akan menarik diri dari perjanjian itu," tambah Velayati.

Inggris, Perancis dan Jerman adalah tiga negara Eropa yang menandatangani kesepakatan dan telah berusaha untuk membujuk Trump untuk tetap mempertahankan perjanjian tersebut.

Baca juga: Mantan Walikota NY Angkat Bicara Soal Isu Perselingkuhan Trump dengan Stormy Daniels

Sebelumnya, Presiden Prancis Emmanuel Macron pada hari Rabu 2 April 2018 menegaskan, akan terus membujuk Trump untuk bertahan.

"Saya tidak tahu apa yang akan diputuskan presiden AS pada 12 Mei," kata Macron saat berkunjung ke Sydney.

"Saya hanya ingin mengatakan apa pun keputusannya, kami harus mempersiapkan negosiasi yang lebih luas dan kesepakatan yang lebih luas, karena saya pikir tidak ada yang menginginkan perang di kawasan itu, dan tidak ada yang menginginkan eskalasi dalam hal ketegangan di kawasan itu, " dia berkata.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More