Forgot Password Register

Anak Terlalu Banyak Makan Manis Bisa Mengakibatkan Gigi Reges

Anak Terlalu Banyak Makan Manis Bisa Mengakibatkan Gigi Reges Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Buat para ibu tentu akan gusar saat si buah hati alami gejala kesehatan fisik, pada gigi contohnya. Meski diusia anak masih berupa gigi susu, gigi berlubang atau sering disebut reges memang sering dialami anak yang hobi makanan manis.

Baca juga: 1.000 Gigi Manusia Ditemukan Tertanam Dalam Bangunan di Amerika Serikat

Khawatir pasti ada hati di orang tua. Tapi apakah gigi susu yang reges itu akan bernasib sama dengan gigi dewasa yang tidak akan berganti hingga jadi kakek nenek?

"Nah tergantung dari perawatannya, kalau sudah pengalaman gigi anak-anaknya sudah ada reges atau lubang. Nah sebaiknya pada saat dewasa, gigi tetap dijaga, karena enggak akan ganti lagi," ujar Dokter Gigi Amaliya dalam seminar kesehatan Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (7/11/2018).

Proses menjaganya tentu sebisa mungkin orang tua menghindari dan mendidik anak agar tidak terlalu banyak makanan manis. Tapi ingat, menghindari bukan berarti melarang anak makanan manis, hanya diatur saja dan diberitahu cara membersihkannya.

Perlu diketahui gigi reges disebabkan karena makanan manis yang masih tersisa di gigi, dan sisa-sisa makanan itu pulalah yang jadi sarang berkembang biaknya bakteri yang menggerus gigi hingga keropos dan berujung berlubang.

Baca juga: Simak Cara Ngerawat Gigi yang Telah Di-veneer Agar Terhindar dari Dampak Buruknya

"Bakteri yang menggunakan gula sebagai bahan kehidupannya, itu kan dia senang disitu, karena gulanya dijadikan untuk hidup. Bakteri-bakteri yang di rongga mulut itu bisa menghasilkan asam, dan asam itu bisa melarutkan Mile gigi, jadilah lubang," ungkapnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More