Forgot Password Register

Arab Saudi Kecam AS Soal Dekret Pengakuan Israel Atas Dataran Golan

Arab Saudi Kecam AS Soal Dekret Pengakuan Israel Atas Dataran Golan Dataran Tinggi Golan. (Foto: Reuters/Amir Cohen)

Pantau.com - Arab Saudi mengutuk pengakuan pemerintahan AS yang disampaikan oleh Presidan Donald Trump atas Dataran Tinggi Golan yang diduduki sebagai wilayah Israel.

"Upaya untuk memberlakukan fait accomplish tidak mengubah fakta," bunyi pernyataan Saudi Press Agency yang dikutip Reuters, seperti dilansir dari Sputnik, Selasa (26/3/2019).

Dataran Tinggi Golan adalah tanah Arab Suriah yang diduduki sesuai dengan resolusi internasional yang releva. Ini akan memiliki efek negatif yang signifikan pada proses perdamaian di Timur Tengah dan keamanan dan stabilitas kawasan jiak AS bersikeras dengan kebijakannya itu.

Baca juga: Mesir Keluar dari Aliansi NATO Arab Besutan Donald Trump

Saudi Press Agency menggambarkan, deklarasi Trump itu adalah sebuah pelanggaran yang jelas terhadap Piagam PBB dan hukum internasional.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump menandatangani proklamasi yang secara resmi mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan.

Dataran Tinggi Golan adalah daerah perbatasan yang dicaplok Israel dari Suriah dalam Perang Enam Hari 1967. PBB telah mengakui Dataran Tinggi Golan sebagai wilayah Suriah.

Baca juga: Jerman-Jepang Kompak Kecam Pernyataan Trump Soal Dataran Tinggi Golan

Rusia, Suriah, Iran, Turki, dan negara-negara lain telah mengutuk proklamasi Amerika Serikat mengenai Dataran Tinggi Golan. Sekutu besar AS seperti Perancis, Jerman, dan Inggris telah menolak untuk mendukung keputusan Washington.

Pada 2018, Majelis Umum PBB mengadopsi resolusi yang mendesak Israel untuk segera menarik pasukannya dari daerah itu setelah negara itu menyelenggarakan pemilihan lokal di daerah itu pada 30 Oktober.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More