Pantau Flash
LAN: 37 Persen ASN Punya Latar Belakang Pendidikan Tak Sesuai Kompetensi
Saddil Ramdani Pamit dari Pahang FA
Chandra Hamzah Akan Pimpin BUMN Sektor Perbankan
Defisit APBN Melebar Mencapai 1,80 Persen di Oktober 2019
Bamsoet: Ada Tiga Partai Belum Setuju Amandemen UUD Hanya untuk GBHN

Awas! Ciuman 10 Detik Berisiko Tularkan 80 Juta Bakteri Lewat Bibir

Awas! Ciuman 10 Detik Berisiko Tularkan 80 Juta Bakteri Lewat Bibir Ilustrasi Berciuman. (Foto: ist)

Pantau.com - Para peneliti dari Micropia dan TNO di Belanda meneliti 21 pasangan dengan meminta mereka untuk mengisi kuisoner mengenai prilaku saat mereka berciuman termasuk frekuensi ciuman intim dari masing-masing pasangan.

Para peneliti tersebut kemudian menyeka sampel-sampel untuk meneliti komposisi mikrobiota mulut para pasangan tersebut di lidah dan liur mereka.

Hasilnya menunjukkan, manakala para pasangan itu mencium dengan intim dalam frekuensi relatif tinggi, maka mikrobiota liur mereka menjadi serupa. 

Rata-rata ditemukan paling tidak sembilan ciuman intim per hari yang membuat para pasangan berbagi secara signifikan mikrobiota liur yang serupa satu sama lain.

Baca Juga: Menjalin Hubungan Tidak Sehat Tingkatkan Resiko Kematian Dini

Pada eksperimen ciuman terkendali untuk mengkuantifikasi perpindahan bakteri, anggota setiap pasangan diberi minuman probiotik yang mengandung varitas-varitas khusus bakteri termasuk Lactobasilus dan Bifidobacteria.

Setelah ciuman intim, para peneliti mendapati fakta bahwa kuantitas bakteri probiotik pada liur penerima meningkat tiga kali lipa atau total 80 juta bakteri berpindah selama 10 detik ciuman.

Penelitian ini juga menggarisbawahi  peran penting mekanisme lain dalam menyaring mikrobiota mulut yang dihasilkan dari gaya hidup, pola makan dan cara merawat tubuh yang sama antar pasangan, dan ini khususnya terjadi pada mikrobiota di lidah.

Para peneliti menyimpulkan kalau mikrobiota lidah lebih mirip antar pasangan ketimbang individu yang tak berkaitan, maka kemiripan itu tak berubah oleh ciuman yang lebih sering. Ini bertolak belakang dengan yang terjadi pada mikrobiota liur.

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini Baik Untuk Kesehatan Otak

Mengomentari hasil kuisoner ciuman, para peneliti menunjuk penemuan terpisah namun menarik bahwa 74 persen pria melakukan ciuman intim dengan frekuensi lebih tinggi dibandingkan dengan wanita pada pasangan yang sama. Ini kira-kira sepuluh kali ciuman per hari pada pria, atau  dua kali lipat ciuman intim wanita per hari yang hanya lima kali per hari.

Untuk menghitung jumlah bakteri yang berpindah lewat sebuah ciuman, para peneliti mengandalkan nilai perpindahan rata-rata dan sejumlah asumsi yang berkaitan dengan perpindahan bakteri, permukaan kontak ciuman dan nilai  rata-rata volume air liur.

Tim Pantau
Editor
Nani Suherni
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ragam

Berita Terkait: