Forgot Password Register

Awas! Terlalu Lama Menyimpan Bahan Makanan Ini Bisa Jadi Bahaya

Ilustrasi bahan makanan. (Foto: Pixabay) Ilustrasi bahan makanan. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kamu pasti sering membeli berbagai bahan makanan dalam jumlah yang cukup banyak untuk disimpan sebagai stok. Namun, ternyata ada beberapa bahan makanan yang justru berbahaya jika disimpan terlalu lama. 

Selain bisa rusak, bahan makanan yang disimpan terlalu lama dapat menyebabkan kualitasnya berkurang bahkan keracunan. Jadi, sebaiknya sesuaikan bahan makanan kamu dengan kebutuhan yang akan digunakan. 

Berikut ini adalah bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan terlalu lama, seperti dikutip dari berbagai sumber: 

Baca juga: Ternyata 5 Makanan Ini Harus Dihindari Ketika Berlibur

1. Telur

Kualitas telur akan mengurang dalam waktu tiga minggu dari waktu pembelian. Pasalnya, telur yang terlalu lama disimpan dalam kulkas tetap rentan terhadap pertumbuhan bakteri yang membuat telur menjadi cepat busuk.

2. Bahan masakan segar 

Sayur-sayuran, daging, ikan, maupun ayam, idealnya bahan makanan jenis tersebut hanya bisa bertahan selama seminggu. Sebab jika lebih dari seminggu bahan tersebut akan menurun kualitasnya. Terkecuali, jika kamu mempunyai ruang yang cukup besar di freezer untuk menampung semua bahan makanan itu.

3. Minyak goreng

Minyak goreng yang disimpan terlalu lama juga akan menurunkan kualitasnya. Bahkan, jika disimpan di dalam kulkas, akan membuat minyak goreng membeku dan bercampur dengan air embunnya. 

Baca juga: Tidak Semua Karbohidrat Harus Dihindari Saat Diet

4. Berbagai jenis kecap, dan saus

Berbagai bahan ini masih aman dikonsumsi selama dua bulan setelah kemasannya dibuka. Jika terlalu lama kemasan terbuka akan membuat kandungan dalam kemasan tersebut rusak. Sebaiknya kamu membeli sesuai kebutuhan untuk mengurangi kerusakan dan penurunan kualitas.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More