Forgot Password Register

Bagaimana Bisa Brokoli, Kale, dan Kol Mencegah Kanker Usus?

Bagaimana Bisa Brokoli, Kale, dan Kol Mencegah Kanker Usus? Brokoli (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Sayuran memang memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan beberapa diantaranya bisa menjadi makanan pencegah penyakit. Seperti brokoli, kale dan kubis yang dapat membantu mengurangi risiko kanker usus.

Menurut peneliti dari Francis Crick Institute, London, dalam jurnal Immunity, mengemukakan bahwa ketiga sayuran tersebut mengandung bahan kimia anti-kanker saat dicerna oleh tubuh.

Baca juga: Jangan Goreng Sayuran Ini Jika Tidak Ingin Terkena Kanker

Zat kimia yang dikenal sebagai Indole-3-carbinol diproduksi ketika sayuran itu mulai dikunyah. Asam dalam lambung menyebabkan perubahan bahan kimia yang kemudian membantu dalam mengendalikan sel-sel induk yang menghasilkan lapisan usus.

"Pastikan sayuran ini tidak dimasak terlalu matang," kata Gitta Stockinger.

Sama seperti kulit, permukaan usus juga secar akonstan beregenerasi. Prosesnya memakan waktu empat hingga lima hari. Namun, proses ini perlu dipantau dan dikendalikan karena dapat menyebabkan peradangan usus atau kanker.

Baca juga: Ingin Sayuran dan Buah Tetap Segar? Begini Cara Menyimpannya

Berdasarkan studi, tikus-tikus yang menjadi bahan percobaan terlindungi dari kanker ketika mereka diberi diet tinggi di indole-3-carbinol.

Dilansir dari Express, tanpa diberi indole-3-carbinol ini, sel-sel usus terbagi tak terkendali sehingga meningkatkan risiko kanker. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More