Pantau Flash
Kisruh Jiwasraya, DPR: Mudah-mudahan Cepat Selasai
KPK Bisa Turun Tangan Usut Penyelundupan Harley di Garuda Indonesia
Indra Sjafri Siapkan Skema Adu Penalti Lawan Myanmar
Tok! Kemenhub Jatuhkan Denda ke Garuda Indonesia
Pemprov Bangka Belitung Rugi Rp3,8 M Akibat Karhutla

Ballo, Tuak Khas Toraja yang Melegenda

Ballo, Tuak Khas Toraja yang Melegenda Ilustrasi. (Foto: Ist)

Pantau.com - Jika kamu lahir dan besar dalam lingkungan orang Toraja, kamu pasti tahu dan mengenal Tuak (Ballo), minuman ini berasal dari cairan pohon induk atau aren (Borassus flabellifer) yang telah difermentasi menjadi minuman tradisional.

Di Indonesia sendiri ada beberapa daerah yang dikenal sebagai penghasil Tuak, namun untuk Tuak Toraja sudah diakui oleh para wisatawan karena rasanya yang lebih segar dan khas.

Baca Juga: Melihat Lebih Dekat 5 Manfaat Kopi Hijau untuk Kesehatan

Ada beberapa cita rasa tuak yang bisa kamu coba, mulai dari yang manis hingga yang pahit (pa’buli), kamu bisa mendapatkan minuman ini di banyak tempat di Toraja, misalnya saja di pasar Tradisional Toraja seperti di Pasar Makale, Pasar Rantepao, atau juga di warung-warung makan khas Toraja.

Sejak dahulu, nenek moyang orang Toraja sangat menyukai Tuak, minuman yang bersumber dari alam ini merupakan bagian dari budaya Toraja yang patut untuk di Lestarikan.

Keberadaan Tuak bukan sebuah larangan di Toraja, justru minuman ini wajib ada dalam setiap kegiatan maupun ritual adat, baik sebagai kelengkapan upacara maupun untuk menyambut para tamu.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Perempuan Hamil Dilarang Minum Kopi

Hampir dalam setiap acara adat di Tana Toraja menghadirkan Tuak sebagai minumannya, misalnya saja upacara Rambu Solo (Kematian) atau juga Upacara Rambu Tuka (Pernikahan, Syukuran).

Biasanya Tuak akan dibawa oleh kerabat keluarga yang mengadakan pesta atau acara dan mereka akan meminumnya bersama dengan rekan-rekan yang hadir dalam acara tersebut. Penyajiannya akan lebih nikmat ketika diminum langsung dari potongan bambu (Timbo/Suke).

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: