Forgot Password Register

Banjir Bandang Terjang Tasikmalaya, Dua Orang Tewas dan 50 KK Dievakuasi

Banjir Bandang Terjang Tasikmalaya, Dua Orang Tewas dan 50 KK Dievakuasi Banjir merendam puluhan rumah di Tasikmalaya (Foto:Istimewa)

Pantau.com - Banjir bandang menerjang sejumlah desa di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada Selasa (6/11/2018) pukul 01.00 WIB dini hari. Akibat banjir tersebut dilaporkan dua orang meninggal dunia.

"Banjir bandang mengakibatkan dua orang meninggal dunia dan 50 kepala keluarga terdampak," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/11/2018).

Baca juga: Pantau Video: Mengerikan! Evakuasi Korban Banjir Bandang di Desa Muara Saladi

Sutopo mengatakan banjir bandang terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi sehingga menyebabkan aliran sungai di Kecamatan Cipatujuah, Kabupaten Tasikmalaya meluap. Selain itu ruas jalan Cipatujah yang menuju desa Ciheras, Pameungpeuk atau Garut Selatan menjadi total lumpuh.

"Lumpuhnya arus jalan tersebut menyusul putusnya jembatan Pasanggrahan. Menurut laporan masyarakat jembatan putus akibat arus air yang deras dari hulu sungai Pasanggrahan," papar Sutopo.

Baca juga: Banjir dan Longsor Terpa Sumatera Utara dan Sumatera Barat, 22 Orang Meninggal

Untuk penanganan bencana, lanjut Sutopo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya telah melakukan evakuasi korban warga yang terjebak banjir ke tempat yang lebih aman selain itu juga disediakan alat transportasi untuk membantu anak-anak agar bisa berangkat sekolah.   

Sedangkan terkait jembatan yang putus, Sutopo mengatakan BPBD Kab. Tasikmalaya mengoordinasikannya dengan Dinas PUPR Kabupaten Tasikmalaya. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More