Forgot Password Register

Bank Konvensional Lewat... Pengguna Fintech Naik 281 Persen di Tahun 2018

Bank Konvensional Lewat... Pengguna Fintech Naik 281 Persen di Tahun 2018 Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Riset McKinsey & Company perkembangan digital saat ini mendorong sebagian masyarakat mendapatkan alternatif solusi keuangan. 

"Mereka dapat menggunakan layanan digital sebagai solusi keuangan sehingga mereka tidak pernah memasuki bank," ujar Partner McKinsey Indonesia, Guillaume de Gantes dalam jumpa pers yang digelar di Wisma GKBI, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (11/2/2019). 

Tak hanya itu, perkembangan teknologi digital di Indonesia dinilai kian pesat karena penetrasi penggunaan smartphone yang jumlahnya jauh lebih tinggi dibandingkan penetrasi perbankan di Indonesia. 

Baca juga: Segera! Mobil Bisa 'Gilas' Tol Layang Jakarta-Cikampek

Salah satu (alasannya), jumlah telepon pintar (smartphone) di Indonesia tumbuh lebih cepat daripada jumlah rekening bank. Kesenjangan antara ponsel cerdas dan rekening bank akan mencapai estimasi 13 juta antara 2018 dan 2025," ungkapnya. 

Ketua harian Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech), Mercy Simorangkir menambahkan, peningkatan pengguna financial technologi sejak tahun 2017 hingga tahun 2018 meningkat hingga 218 persen. 

"2017 ke 2018 itu kurang lebih 281 persen," ujarnya saat ditemui di lokasi yang sama. 

Baca juga: Kabar Gembira, Pertamina Temukan Cadangan Minyak di Sumur Benewangi

Menurutnya, kolaborasi yang dilakukan perbankan dan fintech saat ini turut mengerek peningkatan pengguna fintech di Indonesia. 

"Sekarang pertumbuhan fintech ini kalau kami dari asosiasi kami menyikapinya denga melihatnya sebagai satu hal yang positif," katanya. 

"Kami melihat bahwa kolaborasi antara fintech dan perbankan diharapkan dapat meningkatkan financial inclusion di indoensia karena pada akhirnya dari asosiasi itulah yang merupakan visi misi asosiasi," imbuhnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More