Forgot Password Register

Bappenas Estimasi Dampak Penyelenggaraan Asian Games Capai Rp45,1 T

Bambang Brodjonegoro. (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika) Bambang Brodjonegoro. (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Kepala Kementerian PPN atau Bappenas Bambang Brodjonegoro memperkirakan penyelenggaraan Asian Games akan berdampak langsung kepada pengeluaran peserta dan pengunjung Asian Games 2018 mencapai Rp3,6 triliun.

Total perkiraan biaya konstruksi fasilitas pendukung Asian Games 2018, termasuk di antaranya pembangunan Gelora Bung Karno, Stadion Jakabaring, wisma atlet, dan Light Rapid Transit (LRT) mencapai Rp34 triliun. Sedangkan biaya operasional penyelenggaraan Asian Games sebesar Rp7,2 triliun.

"Dengan demikian, total dampak langsung penyelenggaraan Asian Games 2018, baik dari sisi pengeluaran pengunjung, biaya konstruksi, dan biaya operasional, terhitung sejak 2015 hingga 2018, mencapai Rp45,1 triliun," ujarnya saat jumpa pers di kantornya di Gedung Kementerian PPN, Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Baca juga: Fadli Zon: Sri Mulyani Jangan 'Meninabobokan' Masalah Pelemahan Rupiah

Rincian pengeluaran peserta akomodasi diperkirakan menjadi komponen pengeluaran terbesar yang mencapai Rp 1,3 triliun, komponen terbesar kedua adalah transportasi sebesar Rp640 miliar, makanan dan minuman sebesar Rp628 miliar, pengeluaran belanja mencapai Rp 560 miliar, dan pengeluaran hiburan sebanyak Rp280 miliar.

Lebih lanjut, Bambang menegaskan bahwa hasil estimasi dampak langsung ekonomi Asian Games 2018 ini masih merupakan hasil tahap awal dari kajian yang dikerjakan oleh Bappenas, dan diharapkan dampak ekonomi bagi Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 akan Iebih besar Iagi nanti dari hasil perhitungan data riil setelah dilakukan survey pada tahap berikutnya. 

Namun berkaca pada pengalaman negara lain, event olahraga internasional dapat pula berdampak negatif terhadap perekonomian tuan rumah akibat menumpuknya hutang dan pemanfaatan sarana olahraga di kemudian hari yang kurang optimal.

Baca juga: Bappenas Prediksi Perputaran Uang Pertemuan IMF-World Bank Capai Rp6,9 T

"Untuk mencegah dampak negatif terkait pemeliharaan dan penggunaan venue selepas Asian Games 2018 tersebut, diperlukan upaya peningkatan aktivitas/event olahraga," ungkapnya.

Sebagai bagian grand design peningkatan prestasi olahraga Indonesia, peningkatan awareness masyarakat untuk melakukan aktivitas olahraga, dan pemanfaatan venue olahraga untuk aktivitas lain di luar olahraga MICE (Meeting, Incentives, Conference, & Exhibition).

"Tugas berat kemudian bagaimana meningkatkan revenue setelah kegiatan. Bagaimana stadion bisa tetap mendapatkan revenue," katanya.

"Seperti, kita harapkan kalau Persija main tetapi pakai GBK jadi GBK terus hidup, dan terus menghasilkan revenue terutama untuk maintanece. Dan kemudian bagaimana kita menjadikan event ini grand design meningkatkan prestasi olahraga," imbuhnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More