Forgot Password Register

Beginilah Cara Pelatnas Sepeda Tingkatkan Kekuatan dan Daya Tahan Atletnya

Beginilah Cara Pelatnas Sepeda Tingkatkan Kekuatan dan Daya Tahan Atletnya Atlet Balap Sepeda (Foto: Antara/ Wahyu Putro)

Pantau.com - Tim nasional balap sepeda yang akan berlaga di Asian Games 2018 telah menjalani "altitude training" atau latihan di ketinggian untuk melatih daya tahan dan kekuatan.

Manajer pelatnas Ikatan Sepeda Sports Indonesia (PB ISSI) Budi Saputra mengungkapkan, latihan ketinggian itu tealh dijalani timnas balap sepeda saat berlatih di Melbourne, Australia.

"Progres anak-anak sangat bagus karena di sana ada satu program yaitu 'altitude training' yang dilakukan di ruangan. Itu yang membuat anak-anak berbeda," terang Budi di Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Baca juga: Jaga Kebugaran Atlet, INASGOC Siapkan Menu Makanan Khusus

Di dalam ruangan simulasi tersebut, pebalap nasional Aiman Cahyadi dan kawan kawan menjalani simulasi latihan seolah-olah mereka berada di ketinggian 3.500 meter di atas permukaan laut dengan kadar oksigen 14 persen.

Budi mengaku setelah menjalani latihan tersebut, kondisi fisik para atlet mengalami peningkatan dengan dibuktikan saat turun di kejuaraan Australia Nasional Series.

Di hari pertama kejuaraan, Aiman berada di urutan 8. Kemudian pada hari kedua, di 5 km terakhir, Aiman mampu menyodok di posisi empat, namun sayang Aiman gagal finis karenarantai sepeda yang terputus.

Aiman Cahyadi, Jamal Hibatullah, Dadi Suryadi, Robin Manullang, dan Adrian Hidayat disiapkan untuk membela Indonesia dalam cabang olahraga balap sepeda nomor road race yang akan digelar di Subang, Jawa Barat.

Budi mengatakan bahwa "altitude training" tidak hanya disiapkan untuk Asian Games. Namun juga untuk efek jangka panjang terhadap fisik para pemain.

Baca juga: Mantan Pelari Indonesia Kritik Kirab Obor Asian Games 2018

"Ini memang untuk kekuatan mereka, untuk daya tahan mereka agar performanya naik. Jadi apa pun, dan di mana pun arenanya, latihan ini akan sangat menunjang," kata Budi.

Saat ini Aiman dan kawan kawan sudah berada di Subang untuk menjalani persiapan terakhir sebelum turun di Asian Games 2018.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More