Pantau Flash
Sri Mulyani: RI Fokus Konsumsi Domestik Meski Perlambatan Ekonomi Global
Vicky Nitinegoro Ditangkap, Polisi Periksa Liquid Vape Terkait Narkoba
Kapolri Sebut Pelarangan Demonstrasi Agar Negara Tak Kecolongan
4 Hari Lagi, Yahoo Tutup Layanan Group dan Seluruh Konten
Akses Keluar Tol Slipi Arah Gatot Subroto Ditutup karena Isu Demo

Bukan Usia, Tapi Faktor Ini yang Bisa Menentukan Kapan Anak Sekolah

Bukan Usia, Tapi Faktor Ini yang Bisa Menentukan Kapan Anak Sekolah Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Banyak orangtua yang tidak sabar untuk memasukkan anaknya ke sekolah formal meski usianya masih terlalu dini, tidak ada salahnya memang namun harus diperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan menyekolahkan anak.

Baca juga: 5 Tips Aman untuk Perjalanan Liburan Si Kecil

Psikolog anak dan keluarga, Rosdiana Setyaningrum M.Psi. MHPEd mengatakan bahwa tidak ada batasan umur untuk menyekolahkan anak. Yang harus diperhatikan adalah sang anak harus sudah bisa mandiri.

"Artinya, dia sudah berani sendiri enggak menempel terus pada orang tuanya, terus udah bisa mulai makan sendiri," ujar Rosidiana di Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Menurut Rosdiana, yang terpenting bukanlah berapa umur anak melainkan sekolah seperti apa yang akan dipilih sebagai tempat untuk anak belajar.

"Kalau yang cuma duduk nulis, itu sebaiknya jangan. Berapa jauh dari rumah, karena kalau kejauhan kasihan, aman apa enggak sekolahnya secara fisik karena kan si anak kalau masih dua tahun enggak bisa berbuat apa-apa," jelas Rosdiana.

"Terus gurunya care apa enggak sama anaknya. Cara pengajarannya gimana, belajar kan harus aktif dan menyenangkan buat anak dan bisa menunjang perkembangannya. Di sekolah anak bisa lebih eksplorasi dan itu bagus, karena di rumah kan mungkin kita juga kurang bisa kasih fasilitasnya," lanjutnya.

Baca juga: Ada 5 Manfaat Si Kecil Ikut Lomba 17-an Lho, Coba Cek Deh

Rosdiana menjelaskan setiap anak memiliki tahapan belajar yang berbeda, untuk mengajarkan sesuatu yang baru harus disesuaikan dengan usia sang anak.

"Mereka belajar harus sesuai dengan usia, jangan umur tiga tahun disuruh belajar baca. Harusnya kan menumbuhkan minat baca itu dulu bukan bisa baca. Ini akan membuat mereka berpikir bahwa baca bukan sesuatu yang menyenangkan malah menakutkan," kata Rosdiana.


Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Category
Ragam

Berita Terkait: