Pantau Flash
Kementan Ekspor Dedak Gandum Cilegon ke 4 Negara Senilai Rp39,6 Miliar
Ekspor Jepang Loyo 10 Bulan Berturut-turut
Soal Brexit: Inggris Bisa Keluar dari Uni Eropa dalam 10 Hari ke Depan
Jelang Duel dengan Petinju Afsel, Daud Yordan Fokus Latih Tanding
Pemerintah Diminta Konsisten Terapkan Aturan IMEI

China Berlakukan UU Investasi Asing Baru, Aktif Mulai 1 Januari 2020

China Berlakukan UU Investasi Asing Baru, Aktif Mulai 1 Januari 2020 Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - China telah mengeluarkan undang-undang investasi asing baru dalam suatu langkah yang secara luas dilihat sebagai upaya untuk memfasilitasi pembicaraan perdagangan AS.

Delegasi memberikan suara sangat mendukung hukum pada hari terakhir Kongres Rakyat Nasional (NPC). Langkah itu dipandang sebagai kemungkinan cabang zaitun ke AS karena negosiator dari kedua negara bekerja untuk menyelesaikan sengketa perdagangan mereka yang memar.

Tetapi beberapa orang berpendapat itu tidak sepenuhnya mengatasi kekhawatiran perusahaan asing tentang melakukan bisnis di China.

Delegasi di NPC pada pertemuan tahunan legislatif China mengesahkan RUU dengan 2.929 yang mendukung, delapan menentang dan delapan abstain.

Baca juga: Pangsa Impor RI Masih Didominasi China, Khususnya Laptop

Undang-undang berlaku 1 Januari 2020

Itu muncul kira-kira tiga bulan setelah rancangan pertama dibahas, perputaran yang sangat cepat di China, ketika Washington dan Beijing bekerja untuk menyelesaikan sengketa perdagangan mereka.

Pertempuran perdagangan telah melihat kedua belah pihak mengenakan tarif barang-barang satu sama lain bernilai miliaran dolar sejak tahun lalu.

Wartawan BBC Stephen McDonell mengatakan pemerintah China tampaknya telah bergegas melalui undang-undang investasi sebagai cabang zaitun ke AS di tengah negosiasi perang perdagangan.

Banyak orang dalam komunitas bisnis di China melihat undang-undang ini sebagai semacam rangkaian niat daripada seperangkat aturan yang spesifik dan dapat ditegakkan, katanya. Mereka takut itu bisa terbuka untuk berbagai bentuk penafsiran yang berubah.

Baca juga: Ekspor RI untuk 3 Negara Besar Merosot, BPS Beri Komentar

Kekhawatiran industri

Undang-undang baru ini bertujuan untuk menciptakan medan bermain yang lebih adil antara bisnis domestik dan asing.

Dalam sebuah pernyataan awal pekan ini, Kamar Dagang Amerika di China menyambut upaya legislatif untuk meningkatkan iklim investasi asing.

Tetapi dikatakan bahwa beberapa ketentuan masih sangat umum dan tidak membahas sejumlah kekhawatiran yang terus-menerus dari perusahaan asing atau perusahaan investasi asing di China.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: