Forgot Password Register

Headlines

CIA Beberkan Fakta Pembunuhan Khashoggi kepada Senat AS

CIA Beberkan Fakta Pembunuhan Khashoggi kepada Senat AS Direktur CIA Gina Haspel. (Foto: Reuters/Aaron P. Bernstein)

Pantau.com - Direktur CIA Gina Haspel dijadwalkan akan memberikan informasi tertutup kepada para pemimpin beberapa komite Senat Amerika Serikat pada Selasa (4/12/2018) mengenai pembunuhan wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi, demikian satu sumber yang dekat dengan rencana pertemuan itu.

Beberapa anggota Senat marah karena Haspel tidak ikut serta dalam pertemuan yang diadakan Senat oleh para pejabat pemerintahan Presiden Donald Trump pekan lalu mengenai kematian Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

CIA telah menilai bahwa Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammad bin Salman memerintahkan pembunuhan Khashoggi, yang kerap mengkritik kebijakan pemerintah Arab Saudi.

Baca juga: CIA Miliki Bukti Rekaman Suara Mohammed bin Salman untuk Bungkam Khashoggi

Harian The Wall Street Journal pertama kali melaporkan bahwa Haspel akan mengadakan taklimat atau memberikan informasi terkait kasus tersebut. Pada pertemuan pekan lalu, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan Jim Mattis mengatakan tidak ada bukti kuat Putra Mahkota berada di balik pembunuhan tersebut dan mendesak para senator agar tidak menurunkan hubungan dengan Arab Saudi akibat insiden tersebut.

Haspel akan memberi taklimat kepada para pemimpin Republik dan Demokrat antara lain dari komite Hubungan Luar Negeri Senat dan Dinas Angkatan Bersenjata, kata sumber itu. Namun, Komite CIA belum memberi komentar lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Baca juga: 'Kangkangi' Temuan CIA Soal Khashoggi, Trump Malah Ucap Janji Setia untuk Saudi

Share :
Komentar :

Terkait

Read More