Forgot Password Register

Headlines

Wali Kota Solo Diperiksa Bawaslu Soal Deklarasi Dukungan Jokowi-Ma'ruf

Wali Kota Solo Diperiksa Bawaslu Soal Deklarasi Dukungan Jokowi-Ma'ruf Wali Kota Surakartra FX Hadi Rudyatmo (Foto: Dok Tim KMA via Antara)

Pantau.com - Badan Pengawas Pemilu Surakarta telah memeriksa Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo terkait dugaan pelanggaran pemilu 2019.

Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Surakarta, Poppy Kusuma, di Solo, Rabu (13/2/2019), saat dikonfirmasi membenarkan hal itu. Acara yang menyeret Hadi adalah deklarasi 31 kepala daerah di Jawa Tengah pendukung pasangan nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, di Hotel Alila, Solo, pada Sabtu, 26 Januari 2019.

Menurut Poppy Kusuma, Bawaslu Surakarta mendapat tugas dari Bawaslu Provinsi untuk mengklarifikasi Wali Kota Surakarta yang hadir pada acara deklarasi 31 kepala daerah di Jawa Tengah dukung pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Baca juga: PSI Desak Bawaslu Kembali Usut Dugaan Mahar Politik Sandiaga Uno

"Kami melakukan klarifikasi kepada Wali Kota Surakarta. Kami mendatangi ke Balaikota," ucap Poppy.

Namun, pihaknya tidak mengetahui lebih lanjut, karena pemeriksaan semuanya hasilnya telah diserahkan ke Bawaslu Provinsi Jawa Tengah.

"Kami tugasnya mengklarifikasi Wali Kota Surakarta sudah selesai," ujar Poppy.

Menyinggung soal klarifikasi Wali Kota Surakarta, Poppy menjelaskan intinya tentang apakah ada atau tidak fasilitas negara yang digunakan dalam acara tersebut. Klarifikasi ini, tidak hanya dilakukan oleh Bawaslu Surakarta, tetapi kabupaten/kota lainnya yang kepala daerahnya hadir di acara itu.

Baca juga: Menkominfo Dilaporkan ke Bawaslu Terkait Dugaan Pelanggaran Pemilu

Terpisah Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo, saat diklarifikasi soal pemeriksaan Bawaslu Surakarta, mengaku diberikan 15 pertanyaan terkait acara itu.

Menurut Rudyatmo, Bawaslu dalam pemeriksaan menanyakan masalah kapasitas dirinya yang hadir dalam acara tersebut. Apakah datang dalam acara atau dengan undangan.

Namun, kata Rudyatmo, dirinya hadir sebagai petugas partai yang kebetulan juga menjabat sebagai Wali Kota Surakarta. Bahkan, dirinya saat menghadiri acara tersebut pada hari Sabtu, yang kebetulan bersamaan cutinya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More