Forgot Password Register

Diancam Arab Saudi Soal Rudal s-400 Rusia, Begini Reaksi Qatar

Diancam Arab Saudi Soal Rudal s-400 Rusia, Begini Reaksi Qatar Menlu Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al Thani. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Perang dingin antara Arab Saudi dan Qatar terus berlanjut. Kali ini secara terbuka melalui surat yang disampaikan kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron, Arab Saudi berjanji akan menghancurkan Qatar jika membeli rudal Rusia s-400.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Luar Negeri Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al Thani mengaku tidak terlalu memikirkan ancaman tersebut. Menurutnya, Arab Saudi tak berhak ikut campur jika negaranya ingin membeli rudal memayikan itu.

"Pembelian peralatan militer adalah keputusan berdaulat yang tidak ada hubungannya dengan negara," kata Al Thani seprti dikutip dari Sputnik, Rabu (6/6/2018).

Baca juga: Diterpa Gejolak Kemarahan Warga, PM Yordania 'Dipaksa' Mundur

Dia juga menyebut ancaman dari Arab Saudi dalam sebuah surat kepada presiden Prancis merupakan sikap sembrono. Itu pun telah melanggar norma perjanjian internasional.

"Tidak ada masalah soal ancaman Arab Saudi terhadap Qatar. (Ancaman) itu Itu melanggar hukum internasional. Itu melanggar semua norma internasional. Lebih penting lagi adalah melanggar piagam GCC [Gulf Countries Cooperation]," paparnya.

Baca juga: Pemenang Nobel Perdamaian Siap Bayar Penginapan Kim yang Super Mahal

Ia melanjutkan, Qatar tidak akan menghiraukan ancaman dari Arab Saudi tersebut karena tidak memilki dasar hukum yang jelas.

"Ini adalah masalah evaluasi militer. Ini bukan keputusan, yang akan diambil karena ancaman," Al Thani menambahkan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More