Forgot Password Register

Disiapkan! Insentif 3 Kali Potongan Pajak untuk Riset dan Pengembangan

Disiapkan! Insentif 3 Kali Potongan Pajak untuk Riset dan Pengembangan Pekerja industri sektor otomotif tengah menyelesaikan proses perakitan bodi mobil. (Foto: Antara/Risky Andrianto)

Pantau.com  Pemerintah sedang menggodok insentif pajak super tax deduction bagi investor. Kementerian Perindustrian mengusulkan investor bidang inovasi teknologi, diberikan tiga (3) kali potongan pajak.

"Kalau perusahaan mengeluarkan (Rp) 300 miliar atau (Rp) 100 miliar, untuk melakukan riset beli mesin, hire orang dalam perusahaan, maka pemerintah akan memberikan potongan 3 kali yang dia keluarkan sebagai potongan pengurangan pajak penghasilan," ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara dalam Forum Mereka Barat (FMB9), Senin (16/4/2018).

Baca juga:  Disiapkan! Insentif Pajak Bagi Kegiatan R&D dan Vokasi

Ia menyampaikan, dengan demikian dana yang dikeluarkan investor masuk ke dalam cost pengeluaran. Hanya saja, Ngakan mengaku belum dapat menjelaskan lebih lanjut karena detail pemberian insentif pajak super tax deduction, masih dalam tahap pembahasan. Namun aturan tersebut masih dalam pembahasan lebih detail.

"Kita tidak tahu apakah dikasihnya 100 persen, 200 persen, yang jelas Kemeperin (Kementerian Perindustrian) mengusulkan tiga kali," paparnya.

Baca juga: Nah! Pengamat Nilai Penetapan Harga BBM Mesti Transparan

Ia menyampaikan super tax deduction tersebut nantinya akan berlaku pada investasi untuk riset dan pengembangan atau Research and Development (R&D) untuk inovasi dan pendidikan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More