Forgot Password Register

Duet JK-AHY Bakal Jadi Lawan Kuat Jokowi dan Prabowo

Duet JK-AHY Bakal Jadi Lawan Kuat Jokowi dan Prabowo Agus Harimurti Yudhoyono (Foto: Instagram/ agusyudhoyono)

Pantau.com - Partai Demokrat nampaknya terus berupaya menggaungkan poros ketiga untuk mengusung duet JK-AHY dalam Pilpres 2019 nanti. 

Bahkan, Ketua DPP Demokrat Jansen Sitindaon mengatakan jika 90 persen partainya yakin akan mengusung Jusuf Kalla sebagai capres dan Agus Harimurti Yudhoyono sebagai cawapresnya. 

Menanggapi hal itu, Pengamat Politik dari Universitas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno menilai munculnya wacana duetkan JK-AHY merupakan suatu kabar yang baik untuk menghadirkan pasangan calon alternatif pada Pilpres 2019.

Menurutnya, munculnya JK-AHY bisa mengubah peta dukungan dan koalisi partai politik saat ini. Apalagi, kata Adi, JK dinilai sebagai sosok elite penting dalam internal partainya.

"Ini kabar baik bagi peluang munculnya capres alternatif di luar Jokowi dan Prabowo. Jika poros JK-AHY terbentuk tentu peta pilpres akan dinamis. Peta dukungan parpol bisa berubah karena JK merupakan elit penting di Golkar," kata Adi saat dihubungi Pantau.com, Selasa (3/7/2018).

Baca juga: Demokrat Makin Yakin Usung JK-AHY di Pilpres 2019

Adi menilai, duet JK-AHY bisa menjadi lawan sepadan bagi dua calon terdepan saat ini yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

"Bahkan poros ini bisa menjadi lawan tanding yang sepadan Jokowi karena JK dan AHY merepresentasikan dua kekuatan politik besar. JK tokoh Golkar, Islam dan non Jawa. Sementara AHY adalah representasi poros cikeas, militer, dan Jawa. Irisan duet yang menarik," tuturnya.

Meski begitu, Adi yang juga seorang dosen mengatakan ke depan peta politik masih sangat dinamis. Menurutnya ke depan apapun bisa saja terjadi termasuk duet JK-AHY terbentuk untuk poros ketiga.

Sekedar informasi Jusuf Kalla sebelumnya berkunjung ke kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Kuningan, Jakarta.

Di sana, Kalla juga disambut oleh AHY, yang merupakan putra sulung dari SBY. Pasca pertemuan itu, elite Partai Demokrat menyatakan bahwa wacana duet JK-AHY menguat.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More