Pantau Flash
PAN: Kami Dukung Amandemen Terbatas UUD
Dovizioso Akui Berat Rebut Gelar Juara Tim MotoGP 2019
DPD RI Sebut Pilkada Bisa Kembali Dipilih oleh DPRD
127.462 Hektar Lahan di Kalimantan Hangus Terbakar Akibat Karhutla
BPJT Akan Pasang Alat Pengukur Berat Angkutan Barang di 8 Ruas Jalan Tol

Hati-hati, Penderita Darah Tinggi Berisiko Mengalami Penurunan Daya Ingat

Headline
Hati-hati, Penderita Darah Tinggi Berisiko Mengalami Penurunan Daya Ingat Ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Neurology menyatakan, orang yang menderita tekanan darah tinggi lebih mungkin untuk mengalami gangguan berpikir dan belajar yang dapat mengarah kepada penyakit hilang ingatan.

Tekanan darah tinggi berkaitan dengan salah satu dari dua jenis kerusakan daya ingat ringan, kondisi yang dapat memberi tanda mengenai perkembangan hilang ingatan, tapi bukan jenis yang berhubungan sangat erat dengan penyakit Alzheimer.

Orang yang mengalami kerusakan ringan daya ingatan dapat mengalami kesulitan bahasa, ingatan, masa perhatian atau fungsi mental lain yang cukup penting untuk menarik perhatian orang lain dan terdeteksi dalam pemeriksaan.

Baca Juga: Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Buah Semangka

Satu jenis sangat mempengaruhi ingatan, dan jenis lain tidak. Penurunan itu tak cukup untuk mempengaruhi kehidupan sehari-hari dan orang bersangkutan tak memperlihatkan gejala lain hilang ingatan.

Orang yang terserang darah tinggi dalam studi itu seringkali memiliki suatu bentuk penurunan ringan daya ingatan yang dapat menjadi pendahuluan bagi gangguan pembuluh darah, bentuk kedua paling umum kehilangan daya ingatan setelah serangan Alzheimer.

Gangguan tersebut seringkali berhubungan dengan stroke. Dengan kata lain tekanan darah tinggi dapat meningkatkan resiko stroke.

Para peneliti mencoba mengambil sempel dengan menelusuri 918 orang di New York, yang rata-rata berusia diatas 70 tahun dan mengalami penurunan ringan kognitif ketika mereka memasuki studi.

Mereka diberi ujian fisik dan kognitif ketika mereka memulai studi tersebut, kemudian diperiksa ulang sekitar setiap 18 bulan.

Baca Juga: Rutin Konsumsi Buah dan Sayur Bisa Turunkan Resiko Darah Tinggi

Perkembangan mereka dipantau selama rata-rata 4,5 tahun. Selama masa itu, 334 di antara mereka mengalami penurunan daya ingatan.

Mereka yang menderita tekanan darah tinggi memiliki resiko 40 persen lebih tinggi untuk mengalami penurunan kognitif ringan, dan, terlebih lagi, 70 persen lebih mungkin untuk mengalami bentuk "non-amnestik" yang tak melibatkan gangguan ingatan lebih besar.

"Semua temuan ini menunjukkan bahwa pencegahan dan perawatan tekanan darah tinggi mungkin memiliki dampak penting dalam mengurangi resiko penurunan daya ingat," tulis para peneliti itu.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam