Forgot Password Register

Indonesia-Rwanda Jaga Sinyal Positif Hubungan Dagang

Indonesia-Rwanda Jaga Sinyal Positif Hubungan Dagang Ratlan Pardede jumpa dengan ketua delegasi bisnis Rwanda. (Foto: Dok. KBRI dar es Salaam)

Pantau.com - Kunjungan delegasi bisnis Rwanda baru-baru ini ke Indonesia memberikan sinyal positif bagi peningkatan hubungan dagang antara kedua negara. Untuk menjaga sinyal positif tersebut, Ratlan Pardede, Dubes RI untuk Rwanda bertemu dengan Yvette Mukarewa, Chairman Private Sector Federation sekaligus Ketua Delegasi Bisnis Rwanda di Kigali.

Dubes Pardede menegaskan kembali agar potensi perdagangan yang telah diidentifikasi saat kunjungan ke Indonesia dapat segera ditindaklanjuti.

"Saya sangat mengapresiasi kunjungan delegasi pengusaha Rwanda ke Indonesia. Kunjungan ini menandakan sinyal positif hubungan dagang antara Indonesia dengan Rwanda yang harus segera ditindaklanjuti secara konkrit." ujar Dubes Pardede.

Baca Juga: Dubes RI untuk Tanzania Jalin Mitra dengan Zanzibar

Selain itu, Dubes Pardede juga mengundang para pengusaha Rwanda untuk menghadiri Trade Expo Indonesia 2019 di bulan Oktober 2019. Sementara itu, Yvette Mukarewa dalam tanggapannya menyampaikan terima kasih dan mengakui potensi dari produk-produk buatan Indonesia.

"Kunjungan ke perusahaan dan pertemuan dengan mitra bisnis Indonesia telah membuka alternatif bagi Rwanda untuk menghadirkan produk berkualitas dengan harga yang bersaing." jelas Mukarewa.

Mukarewa juga menyampaikan apresiasi atas fasilitas dan pendampingan yang telah diberikan KBRI Dar es Salaam dan Kemlu RI selama kunjungan di Indonesia.

Dari hasil kunjungan ke Indonesia, pengusaha-pengusaha Rwanda telah mengidentifikasi potensi kesepakatan dagang untuk produk, kelapa sawit, minyak goreng, tekstil dan keramik.

Setelah menghabiskan waktu selama empat hari di Indonesia, pengusaha Rwanda mengakui memerlukan waktu lebih banyak untuk menggali potensi perdagangan kedua negara.

"Kita akan berkoordinasi lebih lanjut untuk dapat hadir pada Trade Expo Indonesia 2019 utamanya" ujar Mukarewa.

Sebagaimana telah diberitakan Media Indonesia 02 April 2019, delegasi bisnis Rwanda telah berkunjung ke Indonesia.  Adapun, kunjungan mereka ke Indonesia merupakan hasil tindak lanjut pembicaraan Dubes Pardede dengan Stephen Ruzibiza, CEO Rwanda Private Sector Federation.

Selama berada di Kigali, Dubes Pardede juga bertemu dengan dua distributor produk farmasi, African Medical Supplier dan Vine Pharmacy untuk memperkenalkan beberapa perusahaan dan produk farmasi dari Indonesia.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More