Pantau Flash
Indonesia Buka Kantor Konsul Kehormatan Pertama di St Christopher dan Navis
Kapten Persija Akui Perubahan Pelatih Pengaruhi Performa Tim
Ada UU Pangan, Pengusaha Tekstil Pertanyakan Kapan Kemunculan UU Sandang
Di Tengah Krisis Boeing, Airbus Malah Tingkatkan Kerja Sama di China
Lebanon Bebaskan Satu Orang yang Dituduh Ingin Ledakkan Bandara Sydney

Ini Alasan Fahri Hamzah Bersedia Jadi Penjamin Ratna Sarumpaet

Ini Alasan Fahri Hamzah Bersedia Jadi Penjamin Ratna Sarumpaet Fahri Hamzah (Foto: Pantau.com/ Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah angkat bicara ungkap alasan mengapa dirinya mau menjadi penjamin terdakwa kasus penyebaran berita bohong atau hoax, Ratna Sarumpaet sebagai tahanan kota.

Fahri mengaku bersedia menjadi jaminan lantaran ia menerima surat curhatan Ratna dari balik jeruji yang disampaikan lawyernya kepada Fahri. Dari surat tersebut menurut Fahri ia kemudian menjadi tergugah.

"Dia berumur 70 tahun, kebetulan saya mendapat surat. Kasihan sekali itu keadaannya itu ya, karena saya tahu dalam usia seperti itu ya, kemudian dia melakukan kesalahan dan diakui," ujar Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Baca juga: Ratna Sarumpaet Ajukan Tahanan Kota (Lagi), Fahri Hamzah Jadi Penjamin 

Fahri menambahkan, bahwa menurutnya saat ini Ratna sudah berumur jika dilakukan penahanan. Apalagi, kata Fahri, saat ini Ratna dijerat dengan pasal yang sudah cukup lama tak dipakai, yakni pasal Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

"Apa gunanya itu ditahan? apa gunanya? bahkan penggunaan pasal undang-undang darurat itu tahun 46 tahun 73 tahun yang lalu itu undang-undang, kita juga udah nggak pernah tahu ada itu undang-undang, dan juga nggak pernah dipakai selama ini," ungkapnya.

"Karena kalau pake ITE bu, bu Ratna nggak bisa ditahan karena undang-undang ITE itu kan tuntutannya 4 tahun lebih jadi karena dia di bawah 5 tahun jadi orang nggak bisa ditahan, dipakailah pasal ini pasal zaman purba,  76 tahun yang lalu Masa masa darurat itu undang-undang dipakai lagi," lanjutnya.

Baca juga: Atiqah Siap Jadi Jaminan Ratna Sarumpaet sebagai Tahanan Kota 

Untuk itu, dirinya meminta kepada pihak terkait agar dikabulkan saja permohonan tahanan kota  kepada Ratna Sarumpaet. Menurutnya, negara telah salah menyikapi orang tua seperti Ratna.

"Jadi tolonglah ini bangsa ini peradabannya jangan jatuh bangun gini  dong Ya Allah. terlalu nih, pak Jokowi keterlaluan ini masa begini, peradaban kita sekarang udah jatuh banget nih, masa sikapnya kepada orang tua kayak bu Ratna aja nggak bener gitu loh," tandasnya.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Category
Nasional

Berita Terkait: