Forgot Password Register

Ini 'Pelet' Singapura Hingga Jadi Negara Kaya Versi Pengusaha

Ilustrasi (Pixabay) Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Singapura menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Salah satunya lantaran tingginya investasi yang masuk ke negara yang terletak di semenanjung Malaya ini.

Pendiri Jababeka Setyono Djuandi Darmono mengungkapkan pembangunan kawasan industri di Singapura menjadi tonggak pertumbuhan ekonomi di Singapura.

"Di mulai dari Singapura tahun 1965 itu membangun kawasan industri itu menjadi mesin magnet penggerak pertumbuhan ekonomi Singapura," ujarnya dalam diskusi di Indonesia Development Forum, di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Baca juga: Biar Tak Salah Order, Ayo Kenali Bedanya Barang Original, OEM dan KW

Selain itu, kemudahan berusaha baik dari segi regulasi hingga infrastruktur yang memadai menjadi salah satu kunci pesatnya kegiatan ekonomi di Singapura.

"Di sana dibangun infrastruktur oleh pemerintah jalanan lancar dari kawasan industri ke pelabuhan, jalanannya besar, frekuensi kapal yang bergerak banyak, sehingga mudah mendatangkan barang dan mudah mengirim barang," tambahnya.

Ia menambahkan, lapangan terbang yang bagus, dengan pesawat yang banyak  dan frekuensi yang tinggi, sehingga mudahlah mengirim barang juga mengimpor dengan mudah.

"Ini penting sekali dalam mempersiapkan infrastruktur dalam satu kawasan, satu; pelabuhan yang bagus, lapangan udara,  jalan tol, listrik yang mencukupi dan andal, gas yang andal dan harga kompetitif, telekomunikasi yang baik sumber air baik," paparnya.

Baca juga: Menyusul, Starbucks Ucapkan 'Bye-bye' pada Sedotan Plastik

"Ini 7 infrastruktur harus ada ini Singapura maju dulu, kemudian Malaysia juga di luar KL bangun dulu kawasan industri, Thailand juga," ungkapnya.

Ia menambahkan, kepastian hukum di Singapura juga membuat Investor percaya berinvestasi karena merasa terjamin terutama dalam segi keamanan. 

"Singapura memberikan jaminan hukum, ini sangat penting, hukumnya tidak berubah-ubah. Karena kalau masuk ke negara yang hukumnya kuat negara disiplin maka Investasi lancar, orang merasa senang dan dibiayai oleh bank. jadi kepastian hukum sangat penting," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More