Pantau Flash
OTT Yogyakarta: KPK Bawa 5 Orang ke Jakarta untuk Diperiksa
G7 Adakan KTT di Tengah Kepanikan akan Perekonomian Global
Redam Hoax Kerusuhan Papua, Kemkominfo Sempat Perlambat Internet
Efek Aksi Demo, Pemesanan Tiket Pesawat ke Hong Kong Turun 20 Persen
Industri Manufaktur Diramalkan Jadi Pengguna 5G Pertama

Ini Penjelasan Polisi Soal Tertundanya Sidang Praperadilan Kivlan Zen

Ini Penjelasan Polisi Soal Tertundanya Sidang Praperadilan Kivlan Zen Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono (Foto:Pantau.com/Rizky Adytia)

Pantau.com - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono menyebut alasan ketidakhadiran pihak Polda Metro Jaya sebagai termohon dalam sidang praperadilan yang diajukan Kivlan Zen pada Senin (8/7/2019), lantaran tengah mempersiapkan jawaban terkait kasus tersebut.

"(Alasan tidak hadir) Karena sedang mempersiapkan jawaban," ucap Argo saat dikonfirmasi, Rabu (10/7/2019).

Baca juga: Pihak Polda Metro Tak Hadir, Sidang Praperadilan Kivlan Zen Diundur

Akan tetapi, Argo menegaskan pada persidangan berikutnya yakni pada Senin, 22 Juli 2019, pihaknya akan hadir dalam persidangan tersebut. Namun, nantinya pihak Polda Metro Jaya akan diwakili oleh tim kuasa hukum untuk memberikan jawaban atas permohonan praperadilan terkait kasus kepemilikan senjata ilegal yang menjadikan Kivlan Zen sebagai tersangka.

"Nanti kuasa hukum Polda yang hadir," singkat Argo.

Diberitakan sebelumnya, sidang Praperadilan atas pemohon, Kivlan Zen, terpaksa diundur dengan alasan pihak termohon yakni Polda Metro Jaya tidak hadir dalam persidangan.

Beberapa pihak yang hadir dalam persidangan itu yakni Tonin selaku tim kuasa hukum dari Kivlan Zen, beberapa Jaksa Penuntut Umum (JPU), serta Majelis Hakim.

Baca juga: Kuasa Hukum Kivlan Zen Kecewa Sidang Praperadilan Ditunda, Kenapa?

"Karena pihak termohon tidak hadir, saya putuskan sidang akan digelar kembali pada Senin 22 juli 2019," ucap Hakim Ketua, Achmad Guntur dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 8 Juli 2019.

Untuk diketahui, Kivlan Zen mengajukan gugatan praperadilan ke PN Jaksel dengan tergugat Polda Metro Jaya atas penetapan status tersangka kasus kepemilikan senjata api ilegal pada Kamis, 20 Juni 2019.

Gugatan praperadilan yang diajukan oleh pihak Kivlan Zen telah teregistrasi dengan nomor 75/pid.pra/2019/pn.jaksel dengan tergugat Polda Metro Jaya.

Kivlan merasa ada pelanggaran prosedur yang dilanggar penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya dalam menetapkan status tersangka terhadap dirinya pada Kamis, 30 Mei 2019.

Sementara, Kivlan Zen, telah ditetapkan sebagai tersangka dan mendekam di Rumah Tahana Militer, Guntur, Jakarta Selatan, atas kasus kepemilikan senjata.

Baca juga: Kivlan Zen Laporkan Kadiv Humas Polri ke Propam Soal Kasus Berita Hoax

Kemudian, atas penetapan tersangka itu, Kivlan Zen dijerat dengan undang-undang darurat Pasal 1 ayat 1 UU Nomor 2 darurat tahun 1951 tentang kepemilikan senjata secara ilegal.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Sigit Rilo Pambudi
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Reporter
Rizky Adytia Pramana
Category
Nasional

Berita Terkait: