Forgot Password Register

Ini Racun Mahal Tandingan Racun Kalajengking yang Viral

Ilustrai racun. (Foto: pixabay) Ilustrai racun. (Foto: pixabay)

Pantau.com - Beberapa hari lalu kita dihebohkan dengan statement Presiden RI, Joko Widodo yang mengatakan bahwa komoditas paling mahal saat ini adalah racun kalajengking. Namun ternyata tidak hanya racun kalajengking yang punya nilai miliaran rupiah.

Botulinum toxin atau kita biasa mengenal botox adalah sebuah cairan untuk melakukan tidakan operasi plastik pada bagian tubuh manusia. Perlu kita ketahui bahwa racun yang menjelma menjadi obat yang sering digunakan dalam industri kecantikan ini diproduksi dari bakteri Clostridium botulinum. Pada awal abad 18, racun ini  juga merupakan zat paling mahal di dunia.

Baca juga: Bukan Emas, Ini Komoditas Paling Mahal di Dunia Versi Jokowi

Pada tahun 2016, produksi 1 kilo botox menelan biaya mencapai 100 triliun poundsterling. Mahalnya racun ini sepadan dengan penggunaannya. Jika dosis yang diberikan berlebihan, maka dapat berakibat fatal bagi kesehatan, termasuk kematian.

Dalam uji toksisitas LD-50 terungkap bahwa zat ini hanya boleh dipakai dengan dosis 0,000001 mg/kg. Lebih dari dosis tersebut, botox akan menjelma menjadi racun yang mematikan bagi tubuh.

Botolinum toxin mampu berefek fatal dengan mengacaukan saluran pernafasan manusia. Zat ini mampu masuk ke dalam saraf dan menghancurkan protein penting bagi pertumbuhan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More