Pantau Flash
Intake Manifold Plastik Diketahui Meleleh, Volvo Tarik 507.353 Kendaraan
Bima Sakti Tetapkan 23 Pemain Isi Skuad Garuda Asia di Piala AFF U-15
BNPB Sebut Tujuh Provinsi Ini Terdampak Kekeringan
KPK Benarkan Pemprov Papua Belum Berhentikan ASN Terlibat Korupsi
Atletik Juara Umum ASEAN Schools Games 2019

Iran Kecam Veto Trump dalam Resolusi Perang di Yaman

Iran Kecam Veto Trump dalam Resolusi Perang di Yaman Seorang gadis berjalan dekat rumahnya yang hancur dalam sebuah serangan udara yang dilakukan oleh koalisi pimpinan-Arab di Faj Attan desa, Sanaa, Yaman. (Foto: Reuters/Mohamed al-Sayaghi)

Pantau.com - Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif mengecam veto Presiden AS Donald Trump terhadap resolusi yang menyerukan AS agar mengakhiri dukungan untuk perang pimpinan Arab Saudi di Yaman, Rabu, 17 April 2019.

Pada Selasa, 16 April 2019, Trump memveto resolusi tersebut, dan menyatakan resolusi itu membahayakan nyawa warga Amerika serta anggota prajurit yang pemberani, demikian laporan Kantor Berita Turki, Anadolu.

Baca juga: AS: Program Roket Iran Penyebab Ketidakstabilan di Timur Tengah

Peraturan tersebut menyerukan War Power Resolution, peraturan federal yang memberi Kongres wewenang untuk memeriksa presiden dan pada saat yang sama menyampaikan komitmen AS pada konflik bersenjata.

Arab Saudi telah memimpin koalisi melawan milisi Syiah Yaman, Al-Houthi, sejak 2015, ketika Riyadh dan sekutu Arabnya melancarkan operasi udara besar dengan tujuan memutar-balikkan perolehan wilayah Al-Houthi setahun sebelumnya.

Baca juga: Setelah Kedatangan Paus, UEA Dituduh Salurkan Senjata untuk Perang Yaman

Operasi tersebut telah memporak-porandakan prasarana di Yaman, termasuk sistem kebersihan dan kesehatannya, sehingga PBB menggambarkannya sebagai salah satu bencana kemanusiaan yang paling parah pada jaman modern.

Share this Post:
Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Internasional

Berita Terkait: