Forgot Password Register

Jangan Anggap Remeh Kesepian, Dampaknya Lebih Buruk Daripada Menghisap 15 Batang Rokok

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Mengejutkan ketika melihat hasil survei terbaru yang melibatkan 20.000 orang responden menunjukkan bahwa generasi muda cenderung merasa lebih kesepian dibanding generasi sebelumnya. 

Menurut hasil survei skor kesepian tertinggi dialami oleh kelompok Gen Z (18-22 tahun) mencapai 48. Sementara skor pada kelompok lansia di atas 72 tahun hanya berada di kisaran 39. Ternyata kesepian memiliki dampak yang lebih mengerikan dibanding dengan menghisap 15 batang rokok setiap hari.

Merasa kesepian akan membuat seseorang stress. Ketika seseorang mengalami stress berat akan mengalami kondisi buruk seperti peradangan kronis.

Baca juga: Begini Cara Menebak Wajah Bayi Sebelum Lahir Tanpa USG

Survei yang didanai perusahaan asuransi kesehatan Cigna ini, menggunakan metode pengukuran Loneliness Scale dari UCLA. Penelitian ini melaporkan rasa kesepian yang dialami generasi muda, baik yang aktif maupun tidak aktif di media sosial.

“Orang kesepian akan merasa jauh lebih baik jika berinteraksi langsung dengan orang lain,” tutur CEO Cigna David Cordani seperti dikutip dari vice

Lebih dari separuh Gen-Z menandai sepuluh dari 11 perasaan yang terkait dengan kesepian, sementara lebih dari 90 persen lansia di atas 72 tahun menyatakan mereka masih tetap terhubung dengan orang lain. 

Baca juga: Ini Penyebab Anak Jackie Chan Kabur dari Rumah dan Jadi Tunawisma

Untuk menangani rasa kesepian, disarankan melakukan hal-hal seperti tidur, berkumpul bersama keluarga, olahraga, dan jangan terlalu sering lembur kerja.

Jika dikaitkan, perkembangan teknologi dengan penggunaan sosial media yang begitu luas membuat orang jarang berinterikasi secara langsung hal itu memicu terjadinya kesepian. Maka tidak salah jika generasi masakini atau Gen Z lebih rentan merasa kesepian.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More