Forgot Password Register

Jangan Rebus Brokoli Jika Tak Ingin Kehilangan Manfaatnya!

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Untuk memenuhi kebutuhan asupan dalam tubuh kita dianjurkan untuk rutin mengonsumsi sayuran hijau. Salah satu jenis sayuran hijau yang cukup populer adalah brokoli. Sayuran ini kaya akan gizi seperti vitamin C, asam folat, dan serat.

Selain itu, brokoli juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari menjaga kesehatan jantung, baik bagi kesehatan pencernaan hingga dapat mencegah kanker. Brokoli memang bisa disajikan dengan berbagai macam cara pengolahan, namun jika salah dalam pengolahannya manfaat serta kandungan gizi didalamnya akan hilang.

Baca juga: Kurma Rahasia Kecantikan Wanita Timur Tengah

Seperti dilansir dari mirror.co.uk, mengolah brokoli dengan cara direbus merupakan suatu tindakan yang salah, karena sebagian besar nutrisi nabati yang baik bagi tubuh akan hilang dalam air rebusan tersebut dan kamu pun akan kehilangan manfaat baik dari sayuran ini.

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang sangat peka terhadap air mendidih. Tahun 2011, Sebuah makalah ilmiah mengungkapkan fakta bahwa teknik memasak bisa menghilangkan antioksidan yang bermanfaat yang ditemukan pada brokoli.

Brokoli merupakan sumber sulforphane yang diketahui memiliki sifat anti-kanker, namun untuk membentuk sulforphane, dibutuhkan enzim myrosinase yang juga ada dalam brokoli. Apabila myrosinase hancur, tentunya sulforphane tidak akan terbentuk. Maka cara terbaik untuk mempertahankan myrosinase yaitu dengan cara dikukus.

Baca juga: Madu Ini Memiliki Khasiat 4 Kali Lipat dari Madu Biasa

Elizabeth Jeffery, peneliti dari University of Illinois di Urbana-Champaign, telah melakukan percobaan dengan membandingkan brokoli yang diolah dengan cara dikukus, dimasak maupun direbus. Hasilnya, brokoli dengan cara dikukus selama 5 menit dapat mempertahankan myrosinase-nya, sedangkan brokoli yang direbus dan dimasak selama 1 menit sebagian besar myrosinase-nya telah hancur.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More