Forgot Password Register

'Kangkangi' Trump, Senat Demokrat Tolak RUU Sanksi AS Terhadap Suriah, Rusia dan Iran

'Kangkangi' Trump, Senat Demokrat Tolak RUU Sanksi AS Terhadap Suriah, Rusia dan Iran Rapat Legislatif AS. (Foto: Reuters/Jonathan Ernst)

Pantau.com - Partai Demokrat di Senat AS menolak RUU tentang sanksi baru terhadap pemerintah Suriah sebagai bentuk protes terhadap penutupan pemerintah pusat AS yang sedang berlangsung.

RUU yang disebut Memperkuat Keamanan Amerika dalam UU Timur Tengah bertujuan untuk menargetkan Suriah dan sekutunya (Rusia dan Iran) dengan sanksi baru serta untuk meningkatkan kerja sama keamanan AS dengan Israel dan Yordania.

Baca juga: Undang Kembali Kongres Bahas Penutupan Pemerintah AS, Trump Melunak?

Melansir Sputnik, Rabu (9/1/2018), RUU itu hanya didukung oleh 56 dari 100 senator, sementara masih diperlukan 60 suara sebagai poin pertimbangan apakah RUU itu tetap dilanjutkan atau tidak. Keputusan Partai Demokrat untuk memblokir RUU itu terjadi di tengah-tengah penutupan pemerintah yang disebabkan oleh pertentangan anggaran bipartisan.

Sebelumnya, Chris Van Hollen, Senator Demokrat untuk negara bagian Maryland, menulis di halaman Twitter-nya bahwa Demokrat Senat harus memblokir pertimbangan setiap RUU sampai pemerintahan pusat dibuka kembali.

Baca juga: NASA 'Tiarap' di Acara Super Bowl Astronomi 233, Alasannya Tanya Trump

Penutupan pemerintah sudah berjalan tiga minggu. Hal itu bermula dari penolakan Partai Demokrat terhadap permintaan anggaran Presiden AS Donald untuk membangun tembok perbatasan AS-Meksiko. Anggaran tersebut mencapai USD5,6 miliar.

Seperempat dari pemerintah AS telah ditutup sejak 22 Desember lalu. Tak ayal, hal itu mempengaruhi sekitar 800.000 karyawan federal, 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More