Pantau Flash
Beberkan Cairan Kimia, TPF Sebut Pelaku Tak Ada Niat Bunuh Novel Baswedan
Bentrok Warga Terjadi di Mesuji, Tiga Orang Dikabarkan Tewas
Melaju ke Babak Kedua, Della/Rizki Dibayangi Rekor Buruk
Keponakan Prabowo Cabut Gugatan, Mulan Jameela Lanjut Gugat Gerindra
Hasil Undian Kualifikasi Piala Dunia 2022: Indonesia Masuk Grup G

Undang Kembali Kongres Bahas Penutupan Pemerintah AS, Trump Melunak?

Undang Kembali Kongres Bahas Penutupan Pemerintah AS, Trump Melunak? Presiden AS Donald Trump. (Foto: Reuters/Jonathan Ernst)

Pantau.com - Presiden Amerika Serikat menyampaikan pidato yang disiarkan televisi nasional, di mana ia menjelaskan maksud kata "krisis keamanan nasional" di perbatasan AS-Meksiko.

Selama pidatonya Trump menekankan bahwa ada krisis keamanan yang berkembang di perbatasan AS selatan. Ia menambahkan, semua orang Amerika terluka oleh imigrasi ilegal. Presiden mengatakan bahwa penegakan hukum membutuhkan USD5,7 miliar untuk membangun pagar perbatasan.

"Akhirnya, sebagai pendekatan keseluruhan untuk keamanan perbatasan, para profesional penegak hukum telah meminta $ 5,7 miliar untuk penghalang fisik," kata Trump, yang dilansir dari Sputnik, Rabu (9/1/2019).

Baca juga: NASA 'Tiarap' di Acara Super Bowl Astronomi 233, Alasannya Tanya Trump

Trump juga mengatakan bahwa ia mengundang pimpinan kongres AS ke Gedung Putih untuk kembali menegosiasikan tentang kesepakatan mengenai keamanan perbatasan.

"Situasi ini dapat diselesaikan dalam pertemuan 45 menit. Saya telah mengundang kepemimpinan Kongres ke Gedung Putih besok untuk menyelesaikan ini. Mudah-mudahan, kita bisa naik di atas politik partisan untuk mendukung keamanan nasional," kata Trump dalam pidatonya.

Sementara itu, selama pidato Trump di Gedung Putih, Senator AS dari Partai Demokrat Chuck Schumer ikut berkomentar. Ia mendesak Donald Trump untuk mengakhiri penutupan pemerintah dan mengesampingkan masalah keamanan perbatasan. Tentunya, itu sebagai pilihan sebuah negosisasi.

"Tuan Presiden, buka kembali pemerintah dan kita dapat bekerja untuk mengakhiri perbedaan kita atas keamanan perbatasan tetapi akhiri penghentian ini sekarang."

Baca juga: Sebut Gejolak Perbatasan Meksiko sebagai Krisis, Trump Umumkan Keadaan Darurat Nasional?

Pemerintah AS telah mengalami penutupan selama hampir tiga minggu setelah anggota parlemen Demokrat menolak memenuhi permintaan Presiden Donald Trump untuk menyiapkan anggaran sebesar USD5,6 miliar guna membangun tembok di perbatasan AS-Meksiko.

Seperempat dari pemerintah AS telah ditutup sejak 22 Desember lalu. Tak ayal, hal itu mempengaruhi sekitar 800.000 karyawan federal, 

Sebelumnya, Trump pernah mengatakan jika pembanguan tembok perbatasan AS-Meksiko akan dibiayai secara penuh oleh Meksiko, namun akhirnya batal.

Trump sendiri mengatakan kepada Demokrat akan tetap menutup pemerintahan pusat, hingga masalah tembok perbatasan terselesaikan. Bahkan ada opini kuat suami Melania itu akan memberlakukan keadaan darurat nasional.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Internasional

Berita Terkait: