Forgot Password Register

Kanselir Jerman Angela Merkel Desak Pembentukan Tentara Uni Eropa

Kanselir Jerman Angela Merkel Desak Pembentukan Tentara Uni Eropa Kanselir Jerman Angela Merkel. (Foto: Reuters/Vincent Kessler)

Pantau.com - Kanselir Jerman Angela Merkel menyerukan pembentukan tentara Uni Eropa dan menekankan orang Eropa tidak bisa lagi hanya mengandalkan Amerika Serikat untuk menjaga keamanan Eropa.

"Kita orang Eropa saat ini harus benar-benar percaya diri kita sendiri jika kita semua ingin mempertahankan Uni Eropa," ucap kanselir Jerman Angela Merkel pada pada Selasa (13 November 2018).

Ia meminta negara-negara anggota Uni Eropa untuk mengambil langkah menjadikan Uni Eropa mempunyai peranan kuat dalam politik internasional. Sang kanselir juga berpendapat bahwa rencana tersebut mengharuskan pengembangan struktur militer bersama dalam jangka panjang.

Baca juga: Kata Presiden Prancis, Uni Eropa Harus Bersatu Melawan Rusia dan AS

Ia mengatakan, jika melihat dari perkembangan dari tahun sebelumnya, Eropa harus berusaha dalam mewujudkan tentara Eropa suatu hari nanti. Menurutnya, pembentukan tentara Uni Eropa sangat penting bagi menjaga perdamaian di benua tersebut.

"Seperti yang dikatakan Jean Claude Juncker beberapa tahun lalu, tentara Eropa akan menunjukan kepada dunia bahwa tidak akan pernah ada lagi perang di Eropa," kata Merkel yang menjawab pertanyaan apa pendukung kuat untuk pembentukan tentara Uni Eropa, seperti dilansir Anadolu, Rabu (14/11/2018)

Meskipun begitu, sejumlah parlemen Eropa justru mencemooh desakan Merkel. Ia menekankan bahwa tentara UE bukanlah alternatif bagi NATO, aliansi pertahanan utama negara-negara Barat.

"Pembentukan tentara Uni Eropa bukan untuk melawan NATO. Kita bisa pendukung yang bagus untuk NATO," ucap Angela Merkel.

Baca juga: Menyikapi Keadaan Lautan Saat Ini, Uni Eropa Buat 23 Komitmen Baru

Share :
Komentar :

Terkait

Read More