Forgot Password Register

Kata Peraih Nobel 2018 Soal Perang Palestina-Israel yang Tak Kunjung Usai

Kata Peraih Nobel 2018 Soal Perang Palestina-Israel yang Tak Kunjung Usai Seorang warga Palestina berjalan di tengan perperangan. (Foto: Reuters/Mohamad Torokman)

Pantau.com - Peraih bersama Hadiah Nobel Kimia 2018 George P. Smith menyatakan, Israel terus menyerbu wilayah Palestina, yang jelas menjadi pelanggaran sesuai hukum internasional.

Pensiunan profesor ilmu biologi di University of Missouri-Columbia di AS berbicara soal Palestina saat berada di Stockholm, Swedia, untuk menghadiri Upacara Penyerahan Hadiah Nobel.

"Rakyat Palestina dan Israel mesti memiliki hak yang sama dan sama-sama hidup di wilayah tersebut dalam bentuk dua negara," kata Smith, sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Anadolu.

Baca juga: Internal Palestina Pecah Kongsi?

Smith mengatakan rakyat Palestina harus pulang ke wilayah yang diduduki dan semua hak mereka harus dipulihkan. Ia juga menegaskan kegiatan Israel di Jalur Gaza tak bisa diterima.

"Israel bukan hanya menekan rakyat Palestina. Juga ada tekanan atas rakyat Yahudi yang terganggu oleh kebijakan keliru Israel," katanya.

Paraih Nobel Bidang Kimia 2018 dibagi. Satu bagian diberikan kepada Frances H. Arnold --anggota National Academy of Sciences, National Academy of Engineering dan National Academy of Medicine-- untuk bidang evolusi enzim, sementara separuh lagi diberikan secara bersama kepada Smith dan Gregory P. Winter, karena karya mereka dalam penyelidikan fag peptida dan anti-bodi.

Sebelumnya beberapa surat kabar Israel menyiarkan editorial yang menyampaikan kekecewaan mereka dengan pemberian Hadiah Nobel Bidang Kimia kepada pegiat anti-Israel dan pro-Palestina.

Baca juga: Kekerasan Semakin Membabi Buta, Ribuan Perempuan Israel Mogok Kerja

Share :
Komentar :

Terkait

Read More