Forgot Password Register

Kecam Sanksi AS, China Bantu Venezuela Keluar dari Krisis

Kecam Sanksi AS, China Bantu Venezuela Keluar dari Krisis Bendera Venezuela. (Foto: Reuters/Christian Veron)

Pantau.com - Anggota komisi khusus yang didirikan oleh pemimpin oposisi Juan Guaido, mengadakan pertemuan dengan wakil pemerintah China guna membahas kerjasama antar kedua negara, menurut media lokal pada Rabu (13/2/2019).

Menurut surat kabar Venezuela Nacional, pertemuan itu digelar di Washington DC, di bawah mediasi Carlos Vecchio, utusan Guaido ke Amerika Serikat. Oposisi Venezuela berharap bisa terus melanjutkan kerjasama dengan China, termasuk investasi China ke industri minyak Venezuela.

Geng Shuang, juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan, China akan terus mengembangkan kerjasama dengan Venezuela di berbagai bidang, dan mengutuk sanksi Washington terhadap sektor energi Venezuela, seperti dilansir Sputnik, Rabu (13/2/2019).

Baca juga: Resmi Gelar Latihan Militer Terbesar, Ini Alasan Presiden Nicolas Maduro

Secara khusus, Geng Shuang menekankan bahwa Amerika Serikar harus bertanggung jawab atas konsekuensi sanksi yang akan memicu penurunan standar kehidupan di Venezuela.

Ketegangan di Venezuela meningkat pada Januari lalu, ketika Guaido, pemimpin Majelis Nasional, menyatakan dirinya sebagai presiden sementara Venezuela dan menuding pemilihan kembali Maduro sebagai presiden merupakan kecurangan.  Deklarasi itu kemudian di akui oleh AS dengan diikuti oleh beberapa sekutunya. 

Baca juga: Maduro Tolak Bantuan Logistik, Suku Asli Venezuela Justru di Titik Berbeda

Rusia, China, Meksiko, Turki, Iran, dan Uruguay telah menyuarakan dukungan untuk Presiden Venezuela Nicolas Maduro sebagai presiden sah dan konstitusional terpilih.

Pada Januari, Departemen Luar Negeri AS mengumumkan Washington telah membekukan aset milik PDVSA milik Venezuela senilai USD7 miliar, di tengah-tengah krisis politik di Venezuela.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More