Pantau Flash
Kementan Ekspor Dedak Gandum Cilegon ke 4 Negara Senilai Rp39,6 Miliar
Ekspor Jepang Loyo 10 Bulan Berturut-turut
Soal Brexit: Inggris Bisa Keluar dari Uni Eropa dalam 10 Hari ke Depan
Jelang Duel dengan Petinju Afsel, Daud Yordan Fokus Latih Tanding
Pemerintah Diminta Konsisten Terapkan Aturan IMEI

Kenapa Kanada-AS Satu Suara Soal Polemik Boeing 737 Max 8?

Kenapa Kanada-AS Satu Suara Soal Polemik Boeing 737 Max 8? Pesawat jenis Boeing 737 Max 8. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Kanada tidak berniat melarang penerbangan pesawat Boeing jenis 737 MAX 8 namun pihaknya siap bertindak untuk menangguhkan penerbangan jika informasi baru menunjukkan ada gangguan, kata Menteri Transportasi Marc Garneau, Selasa (12 Maret 2019)

Sikap Kanada itu muncul pada saat banyak negara menghentikan sementara operasi pesawat Boeing pascakecelakaan di Ethiopia yang menewaskan 157 orang, hanya lima bulan setelah pesawat jenis yang sama jatuh di perairan Jawa, Indonesia.

Garneau menuturkan Kanada tidak menerima informasi baru apa pun mengenai kecelakaan Ethiopia yang akan membuatnya memberlakukan larangan penerbangan Boeing 737 MAX 8. Namun, pihaknya sedang mempertimbangkan semua pilihan.

Baca juga: Ogah Pikirkan Ethiopian Airlines, AS Izinkan Boeing 737 Max 8 Terbang

"Jika kami menerima informasi atau penjelasan yang mengindikasikan adanya gangguan, tentunya kami akan segera bertindak," kata Garneau kepada awak media di Montreal.

"Saya telah meminta tim untuk mengevaluasi semua opsi yang tersedia, termasuk kemungkinan pelarangan sementara sejumlah pesawat jenis MAX 8, jadi kami siap melakukannya, jika kami memutuskan untuk melakukannya," tambahnya.

Garneau kemudian mengatakan di akun Twitter, ia membatalkan semua pertemuan dan acara publik sehingga ia dapat berkonsultasi dengan panel ahli penerbangan sipil. Dua maskapai utama Kanada, Air Canada dan WestJet Airlines Ltd mengoperasikan sebanyak 37 pesawat jenis 737 MAX 8.

Baca juga: Mengenal Ethiopian Airlines, Maskapai Penerbangan Terbesar di Afrika

Garneau menggelar konferensi pers pukul 11.00 waktu setempat pada Rabu (14/3/2019) di Ottawa guna membahas masalah tersebut, namun tidak ada rencana segera untuk memberikan instruksi pelarangan penerbangan pesawat, menurut sumber pemerintah.

Sumber tersebut, yang meminta identitasnya dirahasiakan mengatakan pihak berwenang Kanada secara intensif sedang berkerja sama dengan Badan Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA). Sebelumnya, FAA menyatakan tidak akan mengandangkan pesawat Boeing jenis 737 MAX tersebut.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Internasional

Berita Terkait: