Forgot Password Register

Headlines

KPU Gelar Penandatanganan Pakta Integritas dengan Panelis dan Moderator Debat Kedua Pilpres

KPU Gelar Penandatanganan Pakta Integritas dengan Panelis dan Moderator Debat Kedua Pilpres KPU dan panelis debat kedua (Foto: Pantau.com/Rizky Adtytia)

Pantau.com - Komisi Pemihan Umum (KPU) menggelar penandatanganan pakta integritas panelis dan moderator pada debat kedua Calon Presiden (Capres) 2019. Agenda itu dihadiri oleh 7 panelis dan 2 moderator yang telah ditunjuk sebelumnya.

Tujuh panelis yang telah ditunjuk yakni, Rektor Institut Teknologi Surabaya, Joni Hermana, Rektor Arif Satria, Direktur Eksekutif Walhi Nur Hidayati, ahli pertambangan ITB Irwandy Arif, pakar energi Ahmad Agustiawan, pakar lingkungan Undip Sudharto P Hadi, serta Sekretaris Jenderal Konsorsium Pengembangan Agraria Dewi Kartika.

Baca juga: KPU Resmi Tetapkan Delapan Panelis di Debat Kedua Pilpres 2019, Ini Daftarnya

Sedangkan, untuk dua orang moderator yang akan memandu debat Capres itu yakni, Annisa Dhasuki dan Tommy Tjokro. Ketua KPU, Arief Budiman mengatakan, penandatanganan pakta integritas tersebut merujuk pada substansi debat kedua yang akan disajikan berbeda dari pada acara debat sebelumnya.

Hal itu lantaran KPU dituntut untuk pada debat kedua lebih dapat menyampaikan pesan terkait program dan visi-misi masing-masing pasangan calon.

Baca juga: Profil Anisha Dasuki, Presenter Cantik yang Jadi Moderator Debat Pilpres Kedua

"Berbeda dengan yang pertama, maka di debat kedua KPU dituntut untuk merahasiakan semua pertanyaan yang akan diajukan kepada Capres maupun Cawapres dan KPU kemudian menginisiasi penandatanganan pakta integritas," ucap Arief di Hotel Sari Pacific, Jakarta Pusat, Sabtu (9/2/2019).

Selain itu, penandatanganan pakta intergitas itu juga bertujuan guna masyarakat dapat melihat komitmen dari KPU dalam menciptakan Pemilu yang jujur dan adil.

"Dan hari ini kami jadwalkan penandatanganan pakta integritas dan publik tentu akan melihat ini dan menilai dan sehingga kami harap seluruh komitmen dalam pakta integritas ini dilaksanakan dengan baik," tegas Arief.

Baca juga: Sepakat! KPU Tetapkan Dua Nama Ini sebagai Moderator Debat Kedua Pilpres 2019

Sekedar informasi, perhelatan debat kedua hanya akan dihadiri oleh masing-masing calon presiden dengan tema debat sumber daya alam, energi, infrastruktur, pangan dan lingkungan hidup.

Acara bebat itu akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Minggu, 17 Februari 2019.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More