Forgot Password Register

Headlines

KPU Segera Gelar Rapat Pleno Terkait Klarifikasi Surat Suara Tercoblos

KPU Segera Gelar Rapat Pleno Terkait Klarifikasi Surat Suara Tercoblos Ilustrasi surat suara (Foto: Antara/Novrian Arbi)

Pantau.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melaksanakan rapat pleno yang membahas hasil klarifikasi terkait surat suara yang diduga tercoblos di Selangor, Malaysia beberapa waktu lalu.

Baca juga: Polri Dampingi KPU dan Bawaslu Usut Kasus Surat Suara Tercoblos

"Tim sudah tiba di Jakarta dan itu akan kami bahas dalam rapat pleno," kata Komisioner KPU RI Viryan ditemui di kantornya di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019).

Rencananya, rapat pleno tersebut akan dilakukan di Hotel Sultan, Jakarta, dengan agenda khusus penyampaian klarifikasi anggota KPU yang dikirim ke Malaysia.

Tim dari KPU yang melakukan penyelidikan ke Malaysia itu yakni Komisioner Ilham Saputra dan Hasyim Asy'ari dan Komisioner Bawaslu Ratna Dewi Petalolo.

Dalam investigasi ke Malaysia itu, tim gabungan tidak diberikan akses oleh kepolisian negara itu saat memasuki tempat ditemukannya puluhan kantong yang diduga berisi surat suara.

Viryan memaklumi hal tersebut karena sudah diberi garis polisi oleh otoritas keamanan setempat dan merupakan wilayah yuridiksi Malaysia.

Sebelumnya, KPU mengklarifikasi semua hal yang terdapat dalam video singkat yang menampilkan temuan sejumlah kantong plastik yang diduga berisi surat suara tercoblos.

Baca juga: TKD Jabar Minta Kasus Surat Suara Tercoblos di Malaysia Diusut Tuntas

Klarifikasi itu menyangkut tempat penyimpanan surat suara yang disewa Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN), metode pemungutan suara baik melalui TPS, kotak suara keliling (KSK) atau pos serta waktu pemungutan suara dengan ketiga cara itu.

Selain itu, KPU juga mengklarifikasi cara pengemasan surat suara seperti yang ada di dalam video yang dikemas di dalam kantong.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More