Forgot Password Register

Mangga Lebih Efektif Atasi Sembelit Dibanding Bubuk Serat

Mangga Lebih Efektif Atasi Sembelit Dibanding Bubuk Serat Mangga (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Tak hanya enak, buah mangga ternyata memiliki manfaat baik untuk pencernaan. Buah mangga ternyata memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga bisa mengatasi masalah sembelit.

Sebuah studi yang dilakukan di salah satu universitas di Texas menemukan bahwa mangga mengandung serat tinggi dan polifenol. Dua kombinasi nutrisi ini terbukti bisa mengatasi sembelit dan peradangan pada sistem pencernaan, lebih efektif ketimbang konsumsi bubuk serat.

Baca juga: Sehatkah Sarapan dengan Menu Nasi Goreng?

Temuan ini berdasarkan penelitian terhadap 36 pria dan wanita dengan gangguan sembelit kronis. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, grup satu diberikan diet dengan 300 gram mangga setiap hari, sementara grup kedua diberikan serat dalam bentuk suplemen. Diet ini dijalani selama satu bulan.

Selain diberikan tambahan serat baik dari buah mangga maupun suplemen, para responden juga diberi asupan karbohidrat, protein, lemak dan makanan sumber serat lainnya. Setelah satu bulan eksperimen, kedua grup memperlihatkan perubahan signifikan pada kesehatan pencernaan mereka.

Masalah sembelit mereka teratasi, namun konsumsi mangga terbukti lebih efektif mengatasi gangguan pencernaan ketimbang suplemen serat. Mangga juga membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan mengurangi peradangan.

"Temuan kami menunjukan bahwa mangga memberikan manfaat lebih banyak ketimbang suplemen serat," kata Professor Susanne Mertens-Talcott, penulis penelitian, seperti dikutip dari Daily Mail. 

Baca juga: Lakukan 5 Aktivitas Sepele Ini Setelah Bangun Tidur, dan Rasakan Manfaatnya

Susanne mengklaim bahwa suplemen serat dan laksatif memang efektif menyembuhkan sembelit. Tapi tidak bisa meredakan gejala-gejala lain terkait gangguan kesehatan pencernaaan, misalnya pencernaan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More