Forgot Password Register

Mantan Komisioner KPU Sebut Debat Pilpres 2019 Berbeda, Maksudnya?

Mantan Komisioner KPU Sebut Debat Pilpres 2019 Berbeda, Maksudnya? Ilustrasi (Foto: Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sigit Pamungkas menyebut bahwa konsep pada debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 memiliki perbedaan yang signifikan dengan tahun sebelumnya. Sebab, pada debat kali ini kedua pasangan calon (paslon) dilibatkan dalam penentuan tema.

"Penyusunan tema debat, kalau sekarang tema debat disusun berdasarkan konsensus (kesepakatan) antara KPU dengan pasangan calon," jelas Sigit dalam diskusi di d'Consulate Resto & Lounge, Sabtu (12/1/2019).

Baca juga: Polemik Pemberian Kisi Kisi Debat Pilpres, KPU Singgung Timses Paslon

Sedangkan, pada debat sebelumnya atau tahun 2014, tema debat dan pertanyaan akan disusun oleh pakar atau ahli yang ditunjuk langsung oleh pihak KPU.

Sehingga, pada debat sebelumnya dapat terlihat jelas kredibilitas masing-masing paslon dalam menyelesaikan suatu masalah. Sedangkan, pada debat kali ini panelis merupakan hasil dari kesepakatan antara KPU dan paslon nomor urut 01 dan 02.

"Untuk pertanyaan debat dulu disusun oleh moderator, dulu mereka (moderator) turut merumuskan pertanyaan. Sekarang disusun tim panelis, dulu tim panelis menggarap isu-isu strategis, bahkan kami dulu penyelenggara pemilu sampai tidak tahu. Kalau sekarang moderator sekedar membacakan," papar Sigit.

Dengan perbedaan konsep dalam debat pilpres 2019, Sigit menyebut tidak akan ada yang istimewa lantaran segala sesuatu hal-nya telah dipersiapkan oleh masing-masing pasangan calon.

Baca juga: Pantau Grafis: 6 Nama Panelis Debat Pilpres 2019 Edisi Perdana

"Tidak akan tereskplorasi (pertanyaan dalam debat) karena semuanya (pasangan calon) sudah mempersiapkannya," jelas Sigit.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More