Pantau Flash
Kementan Ekspor Dedak Gandum Cilegon ke 4 Negara Senilai Rp39,6 Miliar
Ekspor Jepang Loyo 10 Bulan Berturut-turut
Soal Brexit: Inggris Bisa Keluar dari Uni Eropa dalam 10 Hari ke Depan
Jelang Duel dengan Petinju Afsel, Daud Yordan Fokus Latih Tanding
Pemerintah Diminta Konsisten Terapkan Aturan IMEI

Menpora Sambut Baik Wacana ASEAN Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Menpora Sambut Baik Wacana ASEAN Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034 Menpora, Imam Nahrawi (Pantau.com/Tatang Adhiwidharta)

Pantau.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, menyambut positif wacana Indonesia dan negara ASEAN lainnya yang maju dalam bidding tuan rumah Piala Dunia 2034. Ia mengatakan akan mengadakan pembicaraan dengan beberapa pihak terkait untuk benar-benar mewujudkan Indonesia menggelar pesta sepakbola terbesar di dunia tersebut.

“Tentu ini kabar yang bagus dan saya akan berkomunikasi dengan Kemenlu (Kementerian Luar Negeri) untuk membicarakan detilnya seperti apa usulan itu. Selama ini kan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia itu hanya menjadi impian,” ujar Imam saat ditemui di Kantor Kemenpora, Senin (24/6/2019) siang.

“Kalau kemudian (wacana ASEAN jadi tuan rumah Piala Dunia) ini menjadi perhatian seluruh negara-negara ASEAN ini menjadi info yang sangat baik. Nanti tinggal bagaimana konsolidasi dengan negara-negara ASEAN lainnya untuk 2034,” dia menambahkan.

Lebih lanjut, Imam mengatakan Indonesia tidak perlu mencemaskan mengenai stadion yang akan digunakan untuk menggelar hajatan sekelas Piala Dunia 2034. Pasalnya, Indonesia baru saja memiliki stadion bertaraf internasional yakni Stadion Papua Bangkit yang ada di Papua.

Baca Juga: Indonesia dan Negara ASEAN Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia

“Stadion Papua Bangkit harus digunakan (untuk Piala Dunia) karena kemarin saya sempat ke sana untuk melihat kualitasnya yang sangat luar biasa,” terang Imam.

Sebagaimana diberitakan Pantau.com sebelumnya, Indonesia bersama sembilan negara ASEAN lainnya akan mengajukan bidding untuk menjadi tuan rumah Piala dunia 2034. Keputusan ini didapat menyusul hasil pertemuan para petinggi negara yang berlangsung di Bangkok, Thailand, Minggu 24 Juni kemarin.

Selain itu, Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) sebelumnya juga telah mengajukan diri untuk bidding menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2020. Indonesia akan bersaing dengan Peru dan Brasil dalam usaha bidding menjadi tua rumah tunggal penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021.

Baca Juga: Menguak Kepantasan Qatar Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022


Selain itu, ada juga lima asosiasi lain yang maju dengan sistem tuan rumah bersama. Dua negara Asia Tenggara, Myanmar dan Thailand juga mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama. Selain itu, tiga negara Timur Tengah, Bahrain, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab juga bergabung untuk menjadi tuan rumah bersama.

Namun FIFA masih membuka pendaftaran bagi negara-negara lain yang ingin mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-23 2021 hingga 30 Agustus 2019. Penunjukkan tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 akan diputuskan FIFA pada kuartal keempat tahun ini.


Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Reporter
Reza Saputra
Category
Olahraga

Berita Terkait: