Pantau Flash
MUI Akan Gelar Ijtima 3000 Ulama di Bogor
BWF World Tour Finals 2019: The Daddies Raih Gelar Juara
BWF World Tour Finals 2019: Ginting Raih Runner-up
Tol Jakarta-Cikampek II Dibuka Minggu Pagi
Tekuk Chen Long, Anthony Ginting Tembus Final BWF World Tour Finals 2019

Mom... Hindari 10 Makanan Ini untuk Bayi di Tahun Pertamanya

Mom... Hindari 10 Makanan Ini untuk Bayi di Tahun Pertamanya Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Sangat penting untuk membuat pilihan makanan yang tepat untuk buah hati selama tahun pertama kehidupannya. Selama periode inilah laju pertumbuhan bayi meningkat. Jadi, sangat penting untuk menghindari makanan tertentu untuk bayi di tahun pertama.

Bayi memiliki sistem pencernaan yang halus, dan makanan yang tak cocok dengan mereka memiliki dampak negatif pada tubuh mereka hingga memicu berbagai alergi makanan. Berikut adalah ragam makanan yang harus dihindari di tahun pertama bayi dilansir dari Boldsky.

1. Madu

Ilustrasi (Pixabay)

Madu mengandung spora bakteri Clostridium botulinum, yang jika dikonsumsi bayi dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang lemah, sembelit, nafsu makan yang buruk, dan infeksi bakteri. Ini sangat umum terjadi pada bayi di bawah usia satu tahun.

2. Biji-bijian olahan

Biji-bijian utuh lebih padat nutrisi dibandingkan dengan biji-bijian olahan. Biji-bijian olahan kekurangan nutrisi penting seperti magnesium, serat makanan, kalsium, dan vitamin B yang dibutuhkan bayi selama tahun pertama. Biji-bijian utuh juga kaya akan senyawa bioaktif yang memodulasi mikrobiota usus dan menjaga saluran pencernaan tetap sehat.

Baca juga: 7 Manfaat Kesehatan dari Buah Kurma, 'Si Andalan' saat Berpuasa

3. Susu sapi

Menurut sebuah penelitian, pemberian susu sapi kepada bayi memiliki efek buruk pada kesehatan mereka. Susu sapi memiliki kandungan zat besi yang rendah yang membuat bayi sulit mendapatkan jumlah zat besi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Selain itu, kalsium dan kasein yang ada dalam susu sapi menghentikan penyerapan zat besi non-heme makanan.

4. Jus buah

American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan orang tua untuk menghindari jus buah 100 persen untuk bayi di bawah 6 bulan. Alasannya adalah jus tidak memberikan nutrisi pada bayi di tahun pertama mereka dan tak dapat menggantikan ASI.

5. Cokelat

Ilustrasi (Pixabay)

Cokelat tidak boleh diperkenalkan kepada bayi di tahun pertama mereka karena mengandung susu padat yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada bayi. Makanan yang mengandung susu tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah usia satu tahun.

6. Kacang

Para ahli menilai bahwa bayi memiliki risiko tinggi terkena alergi kacang, oleh karena itu kacang tanah dan selai kacang atau mentega kacang apa pun harus dihindari. Bayi dengan alergi telur, eksim parah harus dibawa ke dokter anak untuk memeriksa seberapa aman kacang tanah bagi mereka.

Baca juga: 7 Manfaat Jamur untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Anemia

7. Makanan Laut

Makanan laut, terutama kerang dan ikan lain yang mengandung merkuri tinggi, tidak boleh diberikan kepada bayi. Alih-alih memilih ikan seperti salmon, nila, tuna kaleng, dan lele.

8. Telur

Ilustrasi (Pixabay)

Dokter anak menyarankan orang tua untuk menghindari memberi bayi mereka telur sampai setelah tahun pertama mereka. Karena menurut American College of Allergy, Asthma and Immunology, 2 persen anak-anak alergi terhadap telur.

9. Daging

Produk daging tidak boleh diberikan kepada bayi karena sangat sulit dicerna dan mengandung banyak natrium dan lemak hewani, yang keduanya tidak baik untuk bayi Anda.

10. Berry

Berry seperti blackberry, blueberry, stroberi dan, raspberry serta buah jeruk lainnya yang bersifat asam tak disarankan untuk bayi, karena dapat menyebabkan keasaman dan gangguan perut pada bayi.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: