Pantau Flash
Tolak Pinangan Barca dan PSG, De Ligt: Saya Mengagumi Juventus
Hingga Akhir 2019, Blok Masela Bisa Dongkrak Cadangan Migas 300 Persen
Pompeo: China Bertanggung Jawab Atas Noda Abadi Abad Ini!
Novri Setiawan Dihukum 2 Laga, Persija Didenda Rp75 Juta
Komedian Nunung Ditangkap Polisi karena Narkoba, Tes Urinenya Positif

Pak Arief Poyuono, Nih Balasan Sri Mulyani Soal Ajakan Tak Bayar Pajak

Headline
Pak Arief Poyuono, Nih Balasan Sri Mulyani Soal Ajakan Tak Bayar Pajak Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani menanggapi pernyataan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono yang mengajak para pendukung Prabowo Subianto untuk tak membayar pajak, apabila Jokowi-Ma'ruf Amin terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024. 

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan kewajiban membayar pajak diatur dalam undang-undang. Ia juga menyebutkan pajak sebagai tukang punggung bangsa. 

"Pajak ini kan tulang punggung RI kita bernegara itu diatur oleh konstitusi Undang-Undang Dasar dan peraturan perundang-undangan, sehingga kita sebagai rakyat Indonesia memiliki hak sebagai rakyat dan juga memiliki kewajiban yang diatur undang-undang," ujarnya saat ditemui di kantornya, Kamis (16/5/2019). 

Baca juga: Duh! Penerimaan Pajak Turun, Sri Mulyani: Perekonomian Alami Penurunan

Sehingga kata dia, salah satu kewajiban penting untuk sebagai warga negara adalah menunaikan pembayaran pajak sesuai dengan yang diatur oleh peraturan perundang-undangan.

"Oleh karena itu kita semua, apalagi sebagai politisi, sebagai policy maker, mestinya kita berharap  bisa memberikan contoh atau dalam hal ini kepemimpinan yang bahkan menyampaikan kepada masyarakat untuk menjaga republik ini dengan menjalankan kewajiban dan mematuhi undang-undang," katanya. 

Baca juga: Defisit APBN Hingga April Rp101 Triliun, 2 Kali Lipat dari Tahun 2018

Lebih lanjut kata dia, uang pajak yang dihimpun juga akan kembali kepada masyarakat terutama untuk belanja kebutuhan yang menyangkut hajat masyarakat.

"Manfaatnya kepada masyarakat luas, entah membangun infrastruktur, pendidikan, kesehatan untuk berbagai kebutuhan termasuk pengaman kita semua sebagai bangsa dan negara," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono mengajak para pendukung Prabowo Subianto untuk tak membayar pajak apabila Jokowi-Ma'ruf Amin terpilih sebagai pemenang Pilpres 2019 dan memimpin Indonesia.
Share this Post:
Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni
Reporter
Ratih Prastika
Category
Ekonomi

Berita Terkait: