Forgot Password Register

Pasca Letusan Gunung Berapi, Penduduk Hawaii Diizinkan Kembali ke Rumah

Letusan Gunung Kilauea (Foto: Reuters) Letusan Gunung Kilauea (Foto: Reuters)

Pantau.com - Penduduk Hawaii yang dievakuasi akibat letusan gunung berapi Kilauea, diizinkan pulang untuk mengambil hewan peliharaan, obat, dan hal penting lain pada Minggu waktu setempat, 6 Mei 2018. Letusan gunung berapi paling aktif di Hawaii itu telah menghancurkan 26 rumah, karena memuntahkan lahar dan gas beracun ke pemukiman warga.

"Sebagai makelar, saya dapat memberitahu Anda jika orang-orang pindah ke sini karena berpikir tempat ini adalah surga dan yang mereka pelajari adalah sesuatu yang berbeda," kata Jessica Gauthier, yang menjual bangunan dan mengelola tempat penyewaan liburan di Big Island.

Baca juga: Gunung Kilaiea Alami Erupsi, Hawaii Diguncang Gempa Bumi

"Ini tempat yang indah untuk ditinggali, tetapi bukan untuk bersedih," kata Gauthier.

Penduduk Kilauea pulang ke rumah (Foto: Reuters)

Penduduk setempat diizinkan kembali ke rumah masing-masing setelah 10 jam letusan pertama. Namun tidak semua wilayah boleh dilintasi karena gas vulkanik yang berbahaya.

"Ini bukan saatnya untuk jalan-jalan," kata badan pertahanan sipil di media sosial.

Baca juga: Korban Tewas Badai Pasir India Jadi 125 Orang, 14 di Antaranya Tewas Disambar Petir

Sebelumnya, sebelah tenggara pulau itu yang juga terdapat gunung berapi, diguncang gempa bumi berkekuatan 6,9 skala Richter pada Jumat lalu. Itu merupakan gempa terkuat sejak 1975. 

Kilauea adalah salah satu gunung berapi paling aktif di dunia dan satu dari lima gunung berapi di pulau itu. Gunung Kilauea telah mengalami erupsi konstan selama 35 tahun. Aliran lahar dari gunung berapi telah menutup wilayah seluas 125 kilometer persegi, menurut Survei Geologi AS. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More