Forgot Password Register

Pembicaraan dengan Demokrat Buntu, Trump Pilih 'Walk Out'

Pembicaraan dengan Demokrat Buntu, Trump Pilih 'Walk Out' Presiden AS Donald Trump. (Foto: Reuters/Jim Young)

Pantau.com - Presiden Donald Trump walk out dari negosiasi dengan Partai Demokrat yang tergabung di dalam kongres AS. Ia menyatakan, hal itu seperti membuang-buang waktu saja, lantaran penolakan yang berulang terkait pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko.

"Baru saja meninggalkan pertemuan dengan Senat Chuck Schumer (D-New York) dan Ketua DPR Nancy Pelosi (D-California) (kongres AS), buang-buang waktu saja," kata Trump.

"Saya bertanya apa yang akan terjadi dalam 30 hari jika saya dengan cepat membuka segalanya, apakah Anda akan menyetujui keamanan perbatasan yang mencakup dinding atau penghalang baja? Nancy berkata, tidak. Saya mengatakan selamat tinggal, tidak ada yang berhasil!."

Baca juga: 'Kangkangi' Trump, Senat Demokrat Tolak RUU Sanksi AS Terhadap Suriah, Rusia dan Iran

Melansir RT, Kamis (10/1/2018), setelah pertemuan, Schumer dan Pelosi mengecam Trump karena menolak untuk membuka kembali pemerintah.

"Sekali lagi, kami melihat amarah karena dia tidak bisa menghalanginya," kata Schumer kepada wartawan di luar Gedung Putih.

Sebelum pertemuan, Trump mengatakan dia akan bersedia untuk mengumumkan keadaan darurat nasional jika pembicaraan dengan Demokrat gagal. 

"Jika kamu mau melakukan itu, kamu seharusnya tidak berada dalam posisi ini, karena kamu tidak akan pernah menyelesaikan sesuatu," kata presiden.

Baca juga: Undang Kembali Kongres Bahas Penutupan Pemerintah AS, Trump Melunak?

Penutupan pemerintah sudah berjalan tiga minggu. Hal itu bermula dari penolakan Partai Demokrat terhadap permintaan anggaran Presiden AS Donald untuk membangun tembok perbatasan AS-Meksiko. Anggaran tersebut mencapai USD5,6 miliar.

Seperempat dari pemerintah AS telah ditutup sejak 22 Desember lalu. Tak ayal, hal itu mempengaruhi sekitar 800.000 karyawan federal belum menerima gaji.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More