Pantau Flash
Pelebaran Trotoar di Cikini Korbankan Jalur Sepeda
Hasto: Ahok Tak Harus Keluar PDIP Jika Diberi Tugas di BUMN
Semua Anggota Polri Dilarang Pamer Kekayaan di Media Sosial
Luhut Panjaitan: Kami Nggak Mau Teknologi Kelas 2 Datang ke Indonesia
Banderol Marko Simic Terlalu Tinggi untuk Sepak Bola Indonesia

Pendiri WikiLeaks Julian Assange Dijatuhi Tuduhan Tindak Mata-mata

Pendiri WikiLeaks Julian Assange Dijatuhi Tuduhan Tindak Mata-mata Julian Assange. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Departemen Kehakiman AS menjatuhkan 17 tuduhan pidana baru, yakni tindak mata-mata terhadap pendiri WikiLeaks, Julian Assange, Kamis, 23 Mei 2019.

Assange dituduh telah menyebarkan secara tidak sah informasi rahasi dan bersekongkol dengan mantan analis intelijen Amerika Serikat, Chelsea Manning, yang menjadi pintu akses Assange ke informasi rahasia pemerintah AS, seperti dilansir Reuters, Jumat (24/5/2019).

Awalnya Assange dituduh berkonspirasi dengan Manning untuk mendapatkan akses ke komputer pemerintah sebagai bagian dari bocornya ratusan ribu laporan militer AS tentang perang di Afghanistan dan Irak, oleh WikiLekas.

Baca juga: Kenapa Julian Assange Takut Diekstradisi ke Amerika Serikat?

Dia saat ini menghadapi total 18 tuntutan pidana, dan bisa beberapa dekade di penjara jika dijatuhkan hukuman.

"Ini tuduhan yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang justru menunjukan gravitasi dari ancaman penuntutan pidana Assange, dan pada semua wartawan dalam usaha mereka untuk menginformasikan kepada publik tentang tindakan yang telah dilakukan oleh pemerintah AS," kata pengacara Assange, Barry Pollack.

Departemen Kehakiman mengatakan, bukan hanya bantuan yang dilakukan Assange dan mendorong Manning dengan klasifikasi data pencurian, tetapi ia juga membahayakan kehidupan sumber manusia, termasuk di Afghanistan, Irak, para wartawan, pemimpin agama, advokat HAM, dan para pembangkang politik dari rezim represif dengan menerbitkan identitas mereka.

Aparat penegak hukum mengatakan bahwa negara telah memohon kepada Assange untuk tidak mengungkapkan identitas sumber tersebut, tetapi WikiLeaks mengabaikan peringatan itu.

Chelsea Manning ditangkap pada bulan Mei 2010 dan dihukum oleh pengadilan militer pada 2013  atas tuduhan mata-mata sehubungan dengan pengungkapan WikiLeaks pada 2010.

Baca juga: Swedia Terbitkan Surat Penangkapan Julian Assange Soal Pemerkosaan

Pada pemerintahan Presiden Barack Obama, hukuman Manning dikurangi tujuh dari 35 tahun, tapi dia saat ini di penjara setelah berulang kali menolak untuk bersaksi di depan juri besar dalam penyelidiki Assange.

WikiLeaks menggambarkan dirinya sebagai spedialis publik dalam penerbitan "disensor atau sebaliknya dibatasi bahan resmi yang melibatkan perang, memata-matai dan korupsi."

Keputusan untuk membebankan Assange dengan kejahatan mata-mata layak diperhatikan dan tidak biasa. Kebanyakan kasus yang melibatkan pencurian informasi rahasia telah menargetkan pegawai pemerintah, seperti Manning, dan bukan orang yang mempublikasikan informasi itu sendiri.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Internasional

Berita Terkait: