Pantau Flash
Indonesia Buka Kantor Konsul Kehormatan Pertama di St Christopher dan Navis
Kapten Persija Akui Perubahan Pelatih Pengaruhi Performa Tim
Ada UU Pangan, Pengusaha Tekstil Pertanyakan Kapan Kemunculan UU Sandang
Di Tengah Krisis Boeing, Airbus Malah Tingkatkan Kerja Sama di China
Lebanon Bebaskan Satu Orang yang Dituduh Ingin Ledakkan Bandara Sydney

Pentagon Ajukan Anggaran USD14 Miliar untuk Pasukan Antariksa Trump

Pentagon Ajukan Anggaran USD14 Miliar untuk Pasukan Antariksa Trump Gedung Pentagon. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Pentagon mengajukan anggaran sebesar USD718 miliar di tahun 2020 mendatang, naik lima persen dari anggaran yang disetujui pada 2019. Anggaran itu dirilis Pentagon pada Selasa (12 Maret 2019).

Sejumlah anggaran tersebut terdiri dari anggaran dasar sebesar USD544 miliar, dengan tambahan untuk operasi darurat di luar negeri senilai USD164 miliar.

Selain itu, Departemen Pertahanan juga meminta anggaran sebesar USD14 miliar untuk pasukan baru, yakni pasukan antariksa dan USD72 juta untuk membangun markas cabang militer baru.

Baca juga: Pentagon Perpanjang Misi Penempatan Tentara di Perbatasan AS-Meksiko

Sebelumnya, pada akhir tahun lalu, Presiden Donald Trump mengumumkan rencana untuk menciptakan pasukan antariksa yang akan menjadi cabang keenam angkatan bersenjata. Pasukan tersebut akan menjadi cabang militer pertama dalam 72 tahun.

Pentagon juga meminta anggaran untuk pengembangan kemampuan pertahanan rudal saat China dan Rusia berlomba untuk membuat senjata hipersonik baru.

Bukan hanya itu, dalam pengajuan anggaran juga terdapat USD9 miliar untuk dana darurat, yang mencakup upaya bantuan bencana topan, serta USD3,6 miliar untuk membangun tembok perbatasan.

Baca juga: Resmi Perintahkan Pentagon, Trump Wujudkan Komando Luar Angkasa AS

"Kami memiliki uang baru untuk perbatasan dalam anggaran kami mendukung prioritas presiden," kata Wakil Menteri Pertahanan Elaine McCusker, seperti dilansir Anadolu, Kamis (14/3/2019).

Februari lalu, Trump mengumumkan keadaan darurat nasional mengenai keamanan perbatasan dan menghindari dana Kongres usai anggota parlemen hanya memberinya sebagian kecil dari USD5,7 miliar untuk membangun tembok perbatasan AS-Meksiko.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Internasional

Berita Terkait: