Forgot Password Register

Penumpang Banyak Sedikit Pesawat, Jadi Dilema 'Kantong' Maskapai

Penumpang Banyak Sedikit Pesawat, Jadi Dilema 'Kantong' Maskapai Pesawat Boeing 787 Max (Foto: Reuters/Thomson)

Pantau.com - Biasanya maskapai penerbangan AS bersaing untuk menjual tiket dan mengisi kursi selama musim panas. Tetapi operator dari Boeing 737 MAX menghadapi masalah yang berbeda, pesawat langka dan meningkatnya permintaan.

"Penghasilannya tepat di depan mereka. Mereka dapat melihatnya, tetapi mereka tidak dapat memenuhi itu, "kata Mike Trevino, juru bicara Asosiasi Pilot Maskapai Southwest Airlines dan veteran industri penerbangan.

Southwest Airlines Co, operator MAX terbesar di dunia, dan American Airlines Group Inc dengan masing-masing 34 dan 24 MAX jetliner, telah memindahkan pesawat dari jadwal terbang mereka ke Agustus.

Keputusan Southwest akan menyebabkan 160 pembatalan sekitar 4.200 penerbangan setiap hari antara 8 Juni dan 5 Agustus, sementara penghapusan Amerika hingga 19 Agustus berarti sekitar 115 pembatalan harian, atau 1,5 persen dari jadwal terbang musim panas setiap hari.

Baca juga: DPR: Nelayan Harus dapat Perlindungan Lebih dari BPJS Ketenagakerjaan

Dikutip Reuters, maskapai berbiaya rendah Southwest hanya menerbangkan Boeing 737, telah memperkirakan pendapatan $ 150 juta, kehilangan pendapatan antara 20 Februari dan 31 Maret karena pembatalan MAX dan faktor lainnya.

Sejauh ini maskapai mengatakan terlalu dini untuk memperkirakan dampak dari grounding MAX melampaui kuartal pertama, tetapi pembatalan diperpanjang mengisyaratkan bahwa mereka tidak mengharapkan pengembalian cepat dari jetliner cepat-jual Boeing. 737 MAX mendarat di seluruh dunia pada bulan Maret setelah kecelakaan fatal Ethiopian Airlines hanya lima bulan setelah Lion Air jatuh di Indonesia. Semua penumpang kedua pesawat tewas.

Boeing berada di bawah tekanan untuk memberikan peningkatan pada perangkat lunak yang sedang dalam pengawasan baik dalam kecelakaan dan meyakinkan regulator global bahwa pesawat itu aman untuk terbang lagi, sebuah proses yang diperkirakan akan memakan waktu setidaknya 90 hari.

Waktu untuk landasan yang lama tidak bisa lebih buruk untuk operator Belahan Bumi Utara. Pesawat berjalan paling penuh selama Juni, Juli dan Agustus, ketika maskapai penerbangan mendapatkan pendapatan terbanyak per mil kursi yang tersedia, menurut Biro Statistik Transportasi A.S.

Baca juga: Jokowi dan Prabowo Belum Perhatikan Akses Modal UMKM, Kata Ekonom

Dalam sebuah surat kepada karyawan dan pelanggan pada hari Minggu, eksekutif puncak American Airlines mengatakan mereka percaya MAX akan disertifikasi ulang "segera" tetapi ingin memberikan keandalan dan kepercayaan diri pelanggan mereka selama "periode perjalanan tersibuk tahun ini."

American membatalkan sekitar 90 penerbangan per hari hingga awal Juni, tetapi menjalankan lebih banyak penerbangan dan memiliki lebih sedikit fleksibilitas armada di bulan-bulan puncak perjalanan musim panas.

"Kami tidak menyangkal bahwa itu akan menjadi tantangan bagi kami," kata juru bicara Amerika Ross Feinstein. 

"Itulah sebabnya jika kita harus memperpanjang pembatalan berdasarkan ketersediaan pesawat, kita akan melakukannya sejauh mungkin di muka," tambahnya.

Penurunan kapasitas kursi dapat berarti tarif musim panas menit-menit terakhir, terutama untuk pelancong kelas bisnis, kata konsultan penerbangan dan analis.

United Airlines, dengan 14 jet MAX, sebagian besar menghindari pembatalan dengan melayani rute MAX dengan pesawat 777 atau 787 yang lebih besar, tetapi presiden maskapai itu, Scott Kirby, memperingatkan pekan lalu bahwa strategi itu menghabiskan banyak uang dan tidak bisa berlanjut selamanya.

Secara keseluruhan, MAX mewakili hanya 5 persen dari total armada Southwest dan bahkan lebih sedikit untuk Amerika dan Amerika, tetapi tekanan pada armada meningkat karena pengiriman MAX tambahan tetap beku.

Baca juga: Pengamat Nilai Dua Paslon Belum Beri Strategi Pengembangan e-Sport

Southwest memiliki 41 jet MAX yang menunggu pengiriman untuk 2019, sedangkan Amerika memiliki 16 dan United 14.

Untuk mengimbanginya, operator global MAX telah menambahkan satu atau dua penerbangan ke jadwal harian pesawat lain dan menunda beberapa pekerjaan pemeliharaan yang tidak penting. Beberapa maskapai penerbangan juga mempertimbangkan untuk memperpanjang sewa pesawat dan membawa kembali pesawat yang menganggur, tetapi dengan waktu MAX yang tidak jelas, tidak ada pilihan yang jelas atau murah, kata konsultan.

United akan mempublikasikan hasil kuartal pertama pada 16 April, diikuti oleh Southwest pada 25 April dan Amerika pada 26 April.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More