Forgot Password Register

Headlines

Perlu Diingat! Ini Rekor Atlet Indonesia di Ajang Asian Games

Asian Games 2018. (Foto: Istimewa) Asian Games 2018. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games untuk kedua kalinya. Sejak 1951, pesta olahraga terbesar di Asia itu digelar, Indonesia tak pernah absen untuk unjuk gigi.

Meski begitu, prestasi Indonesia belum bisa dikatakan fantastis. Raihan terbaik didapatkan ketika menjadi tuan rumah pada 1962, tim Merah Putih mendapatkan posisi runner-up dengan meraih 51 medali yang terdiri 11 emas, 12 perak dan 28 perak. Kala itu beberapa cabang olahraga Asian Games banyak mencatatkan rekor dari atlet Indonesia.

Lihat Juga: Pantau Video: Sudah Lihat Kerennya 'Video Mapping' ala Pemrov DKI Jakarta Sambut Asian Games?

62 tahun sudah terlewati, kini Indonesia kembali menjadi tuan rumah. Tentunya, banyak harapan dari masyarakat untuk atlet-atlet yang berkompetisi, terlebih bisa mencetak rekor.

Rekor atlet Indonesia yang saat ini masih tercatat bukanlah dari cabang olahraga populer seperti Sepakbola. Namun, datang dari cabang Bowling.

Adalah Ryan Lalisang, yang sukses menjadi atlet bowling yang mencatatkan rekor sebagai peraih poin terbanyak. Ia mendapatkannya di sektor nomor tunggal putra pada ajang Asian Games 2006 di Doha, Qatar.

Ryan mengumpulkan 1.442 poin. Angka itu melewati catatan poin yang diraih oleh atlet bowling asal Thailand, Kritchawat Jampakao yang meraih 1.408 poin di Asian Games Bangkok tahun 1998.

Ryan Lalisang, atlet Bowling Indonesia. (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Rekor dari Bowling lainnya juga dipegang oleh sektor nomor lima putri. Putty Armein dan kolega berhasil mengumpulkan 1.247 poin pada ajang Asian Games Guangzhou, China 2010.

Lihat Juga: Pantau Grafis: Rekor Atlet Indonesia di Ajang Asian Games

Bulu tangkis yang begitu populer di Indonesia juga tak luput. Di mana tim Merah Putih meraih medali dan juga mencatatkan rekor di Asian Games.

Indonesia merupakan negara yang paling sukses di sektor ganda putra. Tercatat dari 14 edisi Asian Games, sektor tersebut telah menyumbangkan tujuh medali emas. Pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menjadi atlet bulu tangkis terakhir yang mampu meraih emas pada 2014.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More