Pantau Flash
Intake Manifold Plastik Diketahui Meleleh, Volvo Tarik 507.353 Kendaraan
Bima Sakti Tetapkan 23 Pemain Isi Skuad Garuda Asia di Piala AFF U-15
BNPB Sebut Tujuh Provinsi Ini Terdampak Kekeringan
KPK Benarkan Pemprov Papua Belum Berhentikan ASN Terlibat Korupsi
Atletik Juara Umum ASEAN Schools Games 2019

Pertemuan BOPI dengan PT LIB Hasilkan 3 Poin, Apa Itu?

Pertemuan BOPI dengan PT LIB Hasilkan 3 Poin, Apa Itu? Pertemuan pihak BOPI dan PT LIB. (Foto: Pantau.com/Willa Wildayanti)

Pantau.com - Kerusuhan antarsuporter pada laga pembuka Shopee Liga 1 2019 antara PSS Sleman dan Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu, 15 Mei 2019 malam.

Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) mengeluarkan tiga poin dari pertemuan dengan petinggi PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait kericuhan di laga pembuka Liga 1 2019 antara PSS Sleman dengan Arema FC.

BOPI menyesalkan terjadinya insiden bentrokan antarsuporter pada laga tersebut, dimana pertandingan itu adalah laga pembuka Shopee Liga 1 2019 yang seharusnya berjalan dengan baik dan lancar.

Baca Juga: Video Detik-detik Kerusuhan Antar Suporter Laga Pembuka Liga 1 2019

Sehingga PT LIB sebagai operator dinilai harus segera bertanggung jawab atas kasus tersebut, mengapa bisa kembali terjadi kerusuhan antarsuporter. Kejadian itu kembali mencoreng sepakbola Tanah Air, padahal BOPI sebelumnya memberikan rekomendasi dengan mendesak LIB menjamin liga musim ini berjalan aman.

Sekjen BOPI, Sandi Suwardi Hasan, menyebut ada tiga poin penting yang disampaikan yakni pihaknya masih memberikan dispensasi dan meminta PSSI menyelesaikan kasus tersebut dan mencari cara agar kejadian serupa tak terulang.

“Jadi kami sudah bertemu dengan LIB dan kita perlu untuk bertemu dengan PSSI. Tapi untuk saat ini saya rasa tidak perlu dan cukup terlebih dahulu. Ada tiga poin penting yang sudah putuskan, yang pertama LIB harus meminta maaf kepada publik atau masyarakat. Kalau tidak meminta maaf ya kebangetan,” ujar Sandi Suwardi Di Kemenpora, Jakarta Pusat (17/5/2019).

Baca Juga: Menpora Ingin Suporter Indonesia Diedukasi dengan Benar


BOPI pun bertindak tegas dengan meminta PSSI dan Komdis untuk bekerja secara cepat dan langsung dalam menangangi masalah kericuhan antarsuporter ini.

“Kedua BOPI merekomendasikan kepada PSSI dan Komdis untuk berkeja 3x24 jam terhitung hari ini untuk menangani masalah ini. Kita akan tunggu mau sangsinya apa terserah. Mau memberhentikan sementara ketua panpel, atau ketua matchcom terserah, yang penting kita minta 3x24 jam,” tambahnya.

Sedangkan sebagai laga pembuka pun diharapkan mampu menjadi cerminan untuk LIB agar kejadian serupa tidak terjadi lagi. “Ketiga LIB harus berkomitmen bahwa tidak ada kerusuhan seperti kemarin. Sudah cukuplah kerusuhan kemarin sebagai pelajaran bagi kita,” tuntas Sandi.


Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Penulis
Tatang Adhiwidharta
Reporter
Willa Wildayanti
Category
Olahraga

Berita Terkait:



Komentar

  1. *QQH Menawarkan PROMO BONUS SPECIAL sbb: - Bonus Hadir - Extra Bonus Hingga 200 % - Welcome Cashback 100 % - Welcome Bonus Hingga 100 % - Reaload Bonus Harian Hingga 1 Juta ( Bisa Claim Ber XX / Hari ) - No Limit Cashback Bonus 7 % - Special High Rebate Hingga 1,7 % - Full Discount Togel Hingga 66 % Dan Masih Banyak Lagi Promo Special Lainnya Minimal DEPO / WD Hanya 20K