Forgot Password Register

Headlines

Ada 3.500 Konten Hoaks Jelang Masa Kampanye Pilpres 2019 Dibuka, Ini Langkah Polri

Ada 3.500 Konten Hoaks Jelang Masa Kampanye Pilpres 2019 Dibuka, Ini Langkah Polri Diskusi bertajuk Kampanye Asik, Damai dan Anti Hoak (Foto: Pantau.com/ Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Karo Multimedia Divisi Humas Mabes Polri Komjen Budi Setiawan mengungkapkan bahwa ada 3.500 konten hoax atau berita bohong di jejaring media sosial. Untuk itu, pihaknya terus berupaya memerangi konten hoax apalagi menjelang masa kampanye Pilpres 2019 dibuka.

"Sebenernya ada. Cukup banyak bahkan sehari bisa ribuan. Yang krusial 3.500 (konten hoax). Ini cukup massif," ucap Budi dalam diskusi bertajuk Kampanye Asik, Damai dan Anti Hoak, di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, 22 September 2018.

Baca juga: Demokrat: Kampanye Prabowo-Sandi akan Banyak Mendekatkan ke Masyarakat

Kendati begitu, pihaknya terus melakukan antisipasi maupun penindakan untuk mencegah terjadinya penyebaran hoaks terutama di dalam masa kampanye pemilu 2019 digelar.

"Ancamannya luar biasa tapi tetap kita antisipasi. Terhadap pelaku itu kami tidak menghendaki sebanyak banyaknya yang kita tangkap. Saya berusaha sedikit mungkin," tegasnya.

Selain itu, memang menurut Budi, penggunaan media sosial sekarang dinilainya sudah bergeser. Yang tadinya media sosial digunakan untuk berkomunikasi salin tukar pengetahuan, kini disalah gunakan. Akan tetapi, hingga saat ini pihaknya terus memantau pergerakan orang yang menyalahgunakan media sosial.

"Kami memonitor untuk menyejukkan agar masyarakat damai. Yang tadinya medsos untuk bincang bincang dan kekeluargaan, namun ada hal hal yang disalahgunakan atau karena ketidak ketahuan," pungkasnya.

Baca juga: Prabowo Harapkan Kampanye Sejuk di Pilpres 2019

Sekedar informasi dengan resmi ditetapkannya dua pasangan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi, kedua paslon akan mengikuti tahapan selanjutnya dari KPU RI yakni melaksanakan kampanye yang akan digelar selama kurang lebih 7 bulan. Untuk masa kampanye sendiri dibuka pada hari ini, Minggu (23/9/2018).

Share :
Komentar :

Terkait

Read More