Pantau Flash
Demo Besar Tuntut Pelaku Rasis di Tangkap, Sekolah di Sorong Diliburkan
Ahsan/Hendra Raih Gelar Juara Dunia 2019
Hasil MotoGP Inggris 2019: Alex Rins Terdepan, Marquez Kedua
Soal Pemindahan Ibu Kota, Kemendagri Sebut Belum Tentukan Letak Pastinya
Putin Perintahkan Kemhan Rusia Balas Uji Coba Peluru Kendali AS

Prabowo Ajukan Gugatan Hasil Pilpres ke MK, Ini Kata Demokrat

Prabowo Ajukan Gugatan Hasil Pilpres ke MK, Ini Kata Demokrat Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan (Foto: Pantau.com/ Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno resmi menyatakan akan mengambil langkah mengajukan gugatan terhadap hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Menanggapi hal itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Hinca Panjaitan menyebut bahwa langkah yang diambil paslon nomor urut 02 itu sesuai dengan keinginan sang ketua umumnya yakni Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

"Ya temen-temen paham kan, paham sejak awal kami selalu mengatakan berkali-kali, terutama saya sebagai sekjen partai. Tentu suara pak SBY juga untuk ambil sikap konstitusional," kata Hinca ditemui usai melakukan pertemuan dengan jajaran BPN di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019).

Baca juga: Sah! BPN Akan Ajukan Gugatan Hasil Pilpres 2019 ke MK

Untuk itu, menurutnya memang sudah seharusnya sesuai dengan yang diatur oleh perundang-undangan jika tak puas dengan hasil pemilu bisa mengajukan gugatan ke MK.

"Jadi ketika MK jalurnya ya kita harus ke MK. Dan hari ini pak Prabowo putuskan ke MK," ungkapnya.

Sementara ketika disinggung seberapa percaya diri bahwa gugatan yang dilayangkan BPN ini akan menang di MK, Hinca menilai semua harus lebih dulu diusahakan.

"Jangan bertanya untuk yang belum-belum. Hari ini, kita putusin ke MK," tandasnya.

Baca juga: MK Siap Terima Proses Pengajuan Sengketa Pemilu 2019 

Sebelumnya diberitakan, menyikapi pengumuman hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019 yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Selasa (21/5/2019) dini hari tadi, pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memastikan bahwa pihaknya akan melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal itu dipastikan setelah Prabowo mengumpulkan jajaran Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi di kediaman pribadi Prabowo, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019).

"Menyikapi hasil dari KPU RI yang sudah mengumumkan hasil rekapitulasi nasional pada dini hari tadi, rapat hari ini memutuskan paslon 02 akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi," kata Direktur Advokasi dan Hukum BPN Prabowo-Sandi, Sufmi Dasco Ahmad usai pertemuan.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Reporter
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait: